Tips Memilih Jasa Pembuatan Website

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website

Sudah mulai terpikir untuk segera memiliki website untuk bisnis kita?? Mantaapp!

Berarti langkah selanjutnya tentunya adalah langsung membuatnya.


Hmm, tapi mungkin hal ini membuat cukup bingung yah. Bagi sebagian orang yang sudah ada keahlian dasar membuat website, mungkin tidak masalah (yang penting diniatkan dengan sungguh – sungguh) hehe. Kenapa? Karena membuat website sama sekali bukan perkara mudah. Tentu dibutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Nah, untuk kita – kita yang tidak punya keahlian website sama sekali bagaimana nih??


Salah satu cara tercepat (dan termudah) tentunya adalah menggunakan jasa pembuatan website.

Lalu mungkin muncul lagi pertanyaan nih..

Waduh berapa harganya?? Kualitas nya bagaimana?? Nanti  kalau kena tipu – tipu bagaimana?? Bukan punya website, malah nanti punya  trauma…


Hmmm, bisa dimengerti kok. Dengan makin maraknya (dan banyaknya) jasa pembuatan website yang berseliweran di sana – sini dan tentunya di Mbah Google, malah bisa bikin bingung.

Pasalnya dengan makin banyak pilihan, akan makin banyak pertimbangan yang perlu kita pikirkan. Karena sudah pasti kita mau pilih jasa pembuatan website yang terbaik. Betul atau betul??


Nah, mudah – mudahan beberapa tips dari kami bisa membantu kalian nih dalam memilih partner jasa pembuatan website yang paling tepat untuk bisnis kalian :)


1. Pilih  Jasa Pembuatan Website yang Tentunya PUNYA WEBSITE RESMI

Rasanya cukup fair dong?? Kalau jasa pembuatan websitenya punya website resmi juga, minimal kita bisa menjamin si pembuat memang memiliki keahlian yang dibutuhkan. Jangan sampai nih yah, kita memilih jasa pembuatan website yang bahkan dia sendiri tidak punya website resmi (apapun alasannya loh). Terlepas dari seberapa canggih atau cantik website resminya, jasa pembuatan website yang memiliki website resmi bisa dipastikan memang serius dalam menawarkan jasa nya kepada kita. 


Nah dengan modal dedikasi tinggi seperti ini, minimal kita bisa menghindari website kita terhenti di tengah jalan pembuatannya.



2. Pilih  Jasa Pembuatan Website yang Mampu Memberikan GARANSI

Seperti kata pepatah, “Kesempurnaan itu hanya milik Tuhan” (Aseeek). Eitss, tapi ini serius loh.

Tidak peduli bagaimanapun ahli nya seseorang, pastinya ada kekurangan. Tidak terkecuali dengan jasa pembuatan website yang kita pilih. Yang namanya software, pastilah tetap ada kemungkinan di kemudian hari bisa mendapatkan masalah. Untuk kasus website sendiri, misalnya website tiba – tiba tidak bisa diakses, ada tampilan website yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dan masih banyak lagi.


Nahh… jasa pembuatan website yang kita cari haruslah bisa memberikan garansi apabila masalah – masalah tersebut terjadi. Artinya, mereka bersedia menyelesaikan masalah tersebut sampai selesai. Tentunya ketentuan garansi tiap – tiap jasa pembuatan website berbeda – beda yah. Tetapi pada intinya, jaminan garansi haruslah ada. Jangan sampai bisnis kita sedang berjalan laris - larisnya, ehhhh tiba – tiba websitenya malah tidak bisa diakses, dan si pembuat website malah tidak bisa dihubungi. Bisa pusing tujuh keliling kan??



3. Pilih  Jasa Pembuatan Website yang Menawarkan Harga yang SESUAI

Satu hal yang perlu diketahui adalah, tidak ada  satupun standard harga dalam pembuatan software, termasuk website. Ada website yang harganya luar biasa murah, sedang – sedang saja, bahkan sampai yang super duper fantastis.

Yang mana yang benar jadinya? Sederhananya, semuanya  benar dan semuanya sah.

Karena pastinya tiap – tiap jasa pembuatan website memiliki patokan harga dan pertimbangan mereka masing – masing hingga mematok harga yang mereka tawarkan kepada kita selaku konsumen.


Jadi tips utamanya, bukanlah mencari yang termurah atau yang termahal, tetapi yang paling sesuai dengan kita.

Artinya kita sebagai konsumen yang harus bisa menilai, apakah jasa pembuatan website tersebut layak untuk kita pilih. Dengan harga, kualitas, ketentuan A sampai Z, dan garansi yang ditawarkan, dan terakhir disesuaikan dengan ekspektasi dan budget kita sendiri.

Tidak ada yang salah, dan tidak ada yang benar. Tetapi berusahalah untuk tetap objektif dalam memilih.


Contoh sederhananya adalah, tentunya cukup masuk akal untuk menyewa jasa pembuatan website seharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah, untuk website dengan tampilan template (sudah ada pilihannya desainnya) sederhana. Cukup masuk akal untuk menyewa jasa pembuatan website seharga belasan hingga puluhan juta rupiah untuk website customized (desain unik disesuaikan sepenuhnya dengan kemauan kita) dengan sistem website yang kompleks (misalnya Online Shop dengan fitur belanja, pembayaran kartu kredit, dan sistem pengiriman yang terintegrasi dengan kurir di seluruh Indonesia).



Jadi. itu dia 3 tips sederhana dalam memilih jasa pembuatan website yang paling tepat yah teman – teman. Pada akhirnya semuanya kembali lagi ke preferensi kita masing – masing sebagai konsumen.

Yang pasti, satu kata kunci di sini adalah objektif. Tetap buka pikiran kita untuk mendengarkan pertimbangan dari sisi jasa pembuatan website ybs dalam memberikan tawaran harga, fitur, dan garansi, yang disesuaikan dengan ekspektasi kita masing – masing. J