Mitos Tentang Bisnis Online

Mitos Tentang Bisnis Online

SAY NO TO HOAX!

Bagaimana kalau mitos? Wah… jadi galau lagi deh.


Di jaman yang serba canggih dan modern ini, tentunya kita mudah sekali mendapatkan segudang informasi. Nah, salah satu masalahnya adalah terkadang informasi yang kita dapat tidak sepenuhnya benar.


Termasuk informasi mengenai Bisnis Online nih. Terlepas dari jenis Bisnis Online nya seperti apa, pastinya sudah banyak sekali informasi yang bisa kita cari mengenai bisnis tersebut. Tentu saja dengan harapan agar kita bisa mempersiapkan diri kita lebih baik, jikalau kelak kita mempunyai rencana menjalankannya. Karena banyak juga orang yang sudah memulai bisnis online, bahkan hingga memilih rekanan jasa pembuatan website yang handal, tetapi karena eksekusi dan perencanannya yang kurang matang, website yang sudah dibangun malah tidak membawa manfaat sama sekali.


Dan mirisnya, yang disalahkan adalah jasa pembuatan website nya (haduhh).


Tapi… ada baiknya juga kita bisa menyaring informasi yang kita dapatkan nih. Karena terlepas dari secanggih apapun teknologi dan seberapa “menggiurkan”nya keuntungan yang dijanjikan (atau diumbar oleh siapapun), tetap kita mesti berhati – hati dengan “mitos” yang sering sekali kita temui seputaran Bisnis Online.



1. Bisnis Online Tidak Perlu Modal 

Bisa dibilang ini yang paling sering (sekali) kita dengar, yaitu dimana bisnis online tidak perlu modal sama sekali.

Eittss… siapa bilang? Namanya bisnis, baik Online ataupun tidak, pastinya membutuhkan modal yah. Baik modal yang berupa materi ataupun non-materi.


Memang betul, mungkin dari sisi materi, bisnis online tidak membutuhkan modal sebanyak bisnis konvensional (karena ada beberapa pengeluaran, seperti biaya sewa tempat dan operasional yang mungkin bisa diabaikan di bisnis online). Tetapi dari sisi non materi, bisa dibilang justru bisnis online akan menguras lebih banyak tenaga loh. Kok bisa??


Karena bisnis online berarti bisnis kita akan tampil di dunia internet, dimana akan ada ribuan bisnis serupa di dalamnya, dan semuanya itu bisa diakses oleh calon pelanggan kita di satu waktu, sehingga persaingan akan ribuan kali lebih intens. Beda halnya dengan bisnis konvensional yang mungkin terbatas dengan tempat dan waktu, dimana calon pelanggan mungkin akan memilih membeli sesuatu yang lebih dekat dari lokasinya sekarang.


Jadi… pastikan kita sudah mempersenjatai mental kita dengan tekad baja untuk memulai bisnis online yah.



 

2. Bisnis Online Lebih Cepat Suksesnya Dibandingkan  Bisnis Konvensional

Siapa yang ingin sukses? Wah pasti semua orang langsung tunjuk jari.

Apalagi kalau ada cara untuk sukses dalam hitungan hari. Pastinya semua orang langsung berebut ingin tahu informasinya lebih lanjut.


Nah, mungkin pola pikir seperti ini (yang memang sebenarnya wajar yah) yang pada akhirnya melahirkan mitos seperti ini. Bahwa bisnis online lebih cepat suksesnya dibandingkan bisnis konvensional. Karena ada jutaan pelanggan yang bisa digapai dalam satu waktu.

Tapi… jangan lupa yah. Walaupun ada jutaan pelanggan, kita juga harus bersaing dengan ribuan bisnis lainnya di waktu yang sama loh.


Jadi tentunya akan perlu waktu juga sampai bisnis kita dikenal oleh pelanggan, dan menjadi pertimbangan utama para calon pelanggan kita ke depannya. Tetap sabar menanti dan promosikan bisnismu yah.




3. Bisnis Online Tidak Perlu Kerja Keras ataupun Kerja  Cerdas

Mitos yang satu ini juga tidak kalah seringnya. Mungkin mitos ini lahir dari pengetahuan orang awam dari orang – orang terkaya di dunia yang memang kebanyakan bisnis mereka adalah di sektor teknologi ataupun bisnis online. Mungkin di bayangan kita, setelah punya website, kita tinggal duduk manis dan melihat transferan masuk di rekening bank kita yah.


Waduh… jangan seperti mereka yah teman – teman hehe. Seperti contoh Marketplace yang paling terkenal di negara kita. Mungkin kita melihat pemiliknya sebagai salah satu orang terkaya di sini, dan kita menganggap dengan memiliki website Marketplace serupa, kita bisa sesukses dan sekaya mereka? Hayo ngaku… :)


Jangan lupa loh, bahwa bagi mereka untuk seperti sekarang, ada ratusan tim profesional di bawahnya dengan fungsi pekerjaan masing – masing, untuk menjamin kepuasan pelanggan mereka dari seluruh penjuru negeri. Dan untuk merekrut dan mengatur ratusan tim profesional seperti itu sama sekali bukan perkara mudah. Dibutuhkan banyak sekali kerja keras, kerja cerdas, kemampuan memimpin, visi perusahaan yang jelas, dan masih banyak hal di balik layar yang kita tidak tahu.




4. Bisnis Online Hanya Untuk Yang Melek Teknologi

Mitos terakhir adalah bahwa bisnis online hanya cocok bagi mereka yang ahli dengan penggunaan teknologi atau bahasa pemrograman tertentu. Hmm… sebenarnya ini tidak benar sama sekali.


Karena pada dasarnya bisnis online adalah bisnis. Hanya saja bedanya, kegiatan bisnisnya dilakukan sebagian besar di dunia internet. Jadi… sebenarnya kemampuan utama yang dibutuhkan adalah kemampuan berbisnis, bukan kemampuan teknologi nya. Kita harus bisa memiliki insting melihat peluang yang ada, serta bagaimana mengaplikasikan atau menyesuaikannya dengan bisnis kita, agar bisnis online yang kita jalankan bisa membuahkan hasil.


Memang pastinya akan sangat membantu jika kita juga paling tidak “melek” teknologi, karena dengan demikian, kita bisa mengambil keputusan – keputusan teknis apabila memang dibutuhkan. Tetapi intinya di sini adalah, jangan menjadi ragu hanya karena merasa diri sendiri “gaptek”. Karena penggunaan teknologi bisa kita pelajari sembari bisnis online kita berjalan.



Yup, itu dia beberapa mitos mengenai Bisnis Online yang sering kita temui. Ingat bahwa bisnis tetaplah bisnis yah. Selalu dibutuhkan kerja keras dan dedikasi penuh, serta mental baja agar bisnis yang kita jalankan dapat sukses dan berhasil.

Semoga bermanfaat! :)