Mindset Yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha

Mindset Yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha

Banyak orang bercita – cita memiliki pekerjaan yang nyaman dan karir yang baik, bekerja di kantor pada hari Senin s/d Jumat, dengan gaji yang lumayan untuk mencukupi kebutuhan (dan tentunya dibayarkan tanpa masalah setiap bulannya). 


Tapi… ternyata tidak banyak juga loh yang pada akhirnya merasa “bosan” dengan segala rutinitas kantoran dan akhirnya memutuskan untuk banting setir menjadi “pengusaha” (yang bahasa kerennya kita sebut sebagai Wirausaha), misalnya saja seperti membuka jasa pembuatan website yang akhir - akhir ini memang banyak mulai bermunculan di Indonesia.


Dan mirisnya, di banyak kasus ternyata tidak sedikit yang sebenarnya memilih menjadi Wirausaha dengan ekspektasi “Waktu, uang dan fleksibilitas pekerjaan yang lebih banyak”.


Hmm… tidak salah sama sekali sih (toh kita semua pastinya ingin begitu kan hehehe). Tapi pertanyaannya kembali lagi nih, apa yang harus kita lakukan untuk mencapai tahap seperti itu?


Karena ironisnya, menjadi wirausaha itu sebenarnya memiliki tanggung jawab yang lebih besar, pekerjaan yang lebih banyak, dan stress yang lebih tinggi daripada pekerja kantoran loh. Maka dari itu, ketika kita sudah memutuskan untuk banting setir ke dunia wirausaha, kita harus mulai membekali kita dengan mindset seorang wirausaha yah, bukan lagi mindset seorang pekerja kantoran.


Ini dia beberapa mindset yang harus kita tanamkan sebagai seorang Wirausaha :



1. Siap Bertanggung Jawab Untuk “Semua Hal”

“Semua Hal” di sini benar – benar merujuk pada “semua hal” yah. Jadi bukan hanya di bidang pekerjaan atau keahlian yang biasa kita kerjakan (ketika kita masih menjadi pekerja kantoran). Saat menjadi pekerja, kita (mungkin) tidak akan terlalu tahu (dan tidak terlalu peduli) pada seberapa signifikan kontribusi masing – masing posisi pada perusahaan (selama kita mendapat gaji yang teratur di akhir bulan). Tapi saat menjadi seorang wirausaha, kita tidak hanya bertanggung jawab untuk diri kita sendiri, tetapi juga usaha yang kita jalankan, yang berarti semua orang dan semua pekerjaan yang dilakukan di dalamnya. Yang berarti “semua hal” di dalamnya.


 

2. Definisikan “Visi” Usaha

Ketika menjadi pekerja, kita mungkin cukup fokus pada tugas harian ataupun tugas rutin yang memang harus kita kerjakan saat kita diberikan pekerjaan itu. Tapi ketika menjadi seorang Wirausaha, kita harus bisa berpikir jauhhh beberapa tahun ke depan. Seperti lagu salah satu band ternama kita yang judulnya “Mau Dibawa Kemana” (eaaaa).


Eits, tapi serius loh maksudnya. Kita harus tahu mau dibawa kemana bisnis yang kita jalani ini. Mau seberapa jauh, seberapa besar, dan sebagainya dalam kurun waktu beberapa tahun atau bahkan beberapa puluh tahun ke depan. Inilah yang kita kenal dengan “Visi” perusahaan.

 


3. Tidak Ada Lagi Kata “Comfort Zone”

Loh, maksudnya gimana? Bukannya kita menjadi Wirausaha agar kita “nyaman”?

Malah sebaliknya loh. Wirausaha dituntut untuk tetap kreatif dan inovatif dalam menjalankan usahanya, agar tetap mampu memberikan jasa ataupun produk yang sesuai dengan perkembangan dan perubahan zaman dan tetap bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Jadi… tidak ada lagi kata “Comfort Zone” di kamus para Wirausaha. Mereka harus siap melancarkan ide – ide gila mereka dan mengerahkan segala kreativitas mereka untuk bisa tetap bertahan.



4. Cintai Usaha Yang Kita Jalankan

Pernah tidak suka dengan rekan kerja, atasan, atau bahkan pekerjaan yang kita jalankan? (Tidak apa – apa kok, itu lumrah saja hehe).


Tapi ketika menjadi Wirausaha, “cintailah” usaha yang kita jalankan. Karena usaha ini akan menjadi satu – satunya “nyawa” kita untuk menyambung nyawa kita (yang sebenarnya). Dan tentunya seiring jalan, akan selalu ada kesulitan dan tantangan yang akan kita hadapi selama menjadi Wirausaha. Dengan “kecintaan” kita pada usaha yang kita jalani, pastinya kita akan bisa bertahan dan tetap mencari jalan keluar terbaik (seperti halnya berumah tangga yah teman – teman).



5. Siap “Lembur” Kapanpun Dibutuhkan

Ini nih satu hal yang harus kita siapkan lahir dan batin. Di awal – awal menjalankan usaha (bahkan walaupun usaha kita sudah sangat stabil sekalipun), kita sebagai pemilik harus siap “lembur” kapanpun dibutuhkan. Tidak ada lagi hari libur, tidak ada lagi jam malam, tidak ada lagi weekend khusus.


Eits… bukan berarti kita harus kerja 24 jam non stop selama 7 hari yah. “Lembur” di sini sangat berkaitan dengan dimana usaha yang kita jalankan akan menjadi “bagian” dari kehidupan kita. Jadi usaha kita bukan hanya sekedar “pekerjaan” yang harus kita kerjakan selama jam kantor saja, tetapi memang sesuatu yang menjadi “kewajiban” kita dalam hidup. 

Pastinya tetap bagi waktu dengan seimbang yah teman – teman.



6. Mulai Sedini Mungkin

Banyak orang merasa “menyesal” karena tidak memulai bisnisnya dari muda, ataupun merasa “tidak siap” karena banyak pertimbangan dan faktor lainnya. Jadi pertanyaannya, kapan waktu terbaik memulai usaha?


Menurut kami, jawaban yang paling tepat (dan “diplomatis”) adalah mulai “sedini” mungkin. Seberapa dini kah itu tentunya kembali lagi ke masing – masing pribadi dan kebutuhan tiap orang.


Tetapi yang menjadi titik utama di sini adalah menjalankan usaha sampai ke tahap yang cukup stabil dan menjanjikan membutuhkan waktu yang sama sekali tidak sebentar. Sehingga semakin cepat kita memulainya, semakin banyak waktu yang kita punya untuk mengembangkannya menjadi lebih besar di kemudian hari.


Jadi kapanpun kita sudah merasa sudah “cukup siap”, lakukan lah!



Satu hal yang pasti adalah tidak ada satu orang pun Wirausaha yang berhasil menjadikan bisnis nya menjadi bisnis raksasa dalam waktu hitungan hari ataupun bulan. Dibutuhkan dedikasi yang amat besar, dan semangat belajar terus menerus, sambil terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman.


Karena itulah kami percaya “mindset” adalah modal paling utama yang harus kita punya untuk memulai jalan hidup sebagai wirausaha.

Jadi… sekali lagi siapkan mental dan mindset kita apabila kita memutuskan untuk menjadi Wirausaha. Ambil langkah pertama dan….


SEE YOU AT THE TOP!  :)