Mengenal Tipe Struktur Website

Mengenal Tipe Struktur Website

Nah, kalau kemarin kita sudah melihat berbagai jenis website, ada hal lain lagi yang bisa kita pertimbangkan dalam memiliki website, yaitu tipe strukturnya.


Kenapa tipe struktur penting? Karena ini akan berkaitan erat terhadap User Experience (UX) dari target klien ataupun pelanggan kita ketika melihat informasi yang ada di website kita. User Experience di sini dapat diartikan sebagai “kesan” dan “pengalaman” pengguna ketika melihat website kita.


Untungnya, tipe struktur website secara garis besar hanya dibedakan menjadi 2 nih teman – teman :


1. Single Page Website (Website Halaman Tunggal)

Mungkin sudah cukup jelas dari namanya yah. Artinya website ini hanya berisikan 1 halaman saja. Di banyak kasus, walaupun terdapat berbagai macam menu yang bisa dipilih, kesemua isi atau konten dari menu tersebut terdapat di halaman yang sama. Tentunya ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari website halaman tunggal ini :


Kelebihan :

  • Lebih simpel dan sederhana dari sisi pembuatan (yang mungkin bisa berpengaruh terhadap biaya jasa pembuatan website keseluruhan)
  • Cocok untuk perusahaan yang lebih ingin menonjolkan profil perusahaan dibanding produk atau jasa nya ataupun portfolio pribadi
  • Sangat cocok apabila tidak terlalu banyak data atau isi yang ingin ditampilkan


Kekurangan :

  • Sulit terdaftar pada mesin pencarian (search  engine). Pasalnya mesin pencari lebih mudah memasukkan website yang memiliki banyak halaman berbeda yang terhubung satu sama lain ke dalam daftar pencariannya, karena dinilai memiliki organisasi konten yang lebih mudah disesuaikan dengan pencarian oleh para pengguna internet
  • Cenderung lebih berat, karena seluruh konten akan dimuat sekaligus ke dalam satu halaman



2. Multiple Page Website (Website Dengan Banyak Halaman)

Website Multiple Page adalah tipe website paling umum dan paling banyak digunakan di dunia. Sederhananya, website ini memisahkan tiap – tiap konten websitenya ke dalam halaman berbeda (yang biasanya dipisahkan dengan pilihan menu berbeda – beda).


Dari sisi kelengkapan konten, sebenarnya Website Multiple Page & Single Page hampir tidak ada bedanya (karena kembali lagi, hal ini bergantung pada profil usaha masing – masing). Tetapi dibandingkan website Single Page, website ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.


Kelebihan :

  • Dapat digunakan hampir untuk semua tipe website (profil perusahaan, katalog produk, e-commerce, dan online booking)
  • Lebih mudah terdaftar oleh mesin pencari, karena dinilai memiliki struktur organisasi konten yang lebih baik dibandingkan website Single Page
  • Cenderung lebih ringan dibandingkan website Single Page, karena tiap – tiap konten dipisahkan menjadi halaman – halaman berbeda (yang secara otomatis akan membagi beban waktu load per halamannya)


Kekurangan :

  • Tidak terlalu cocok apabila konten yang ingin ditampilkan tidak banyak. Karena justru hal ini membuat website terkesan “kosong” dan tidak menarik
  • Lebih rumit dari sisi pembuatan (yang tentunya bisa berpengaruh pada harga jasa pembuatan website keseluruhan)
  • Walaupun waktu load halaman cenderung lebih ringan, total waktu keseluruhan yang dibutuhkan oleh pengunjung untuk melihat semua konten website bisa lebih lama dibandingkan Single Page Website (karena harus mengakses halaman yang berbeda – beda)


Ada juga beberapa jasa pembuatan website yang bisa menggabungkan keduanya. Dimana seluruh konten utama dari website ditampilkan di halaman utama, sedangkan untuk konten yang bisa diperbarui secara terus menerus (misalnya halaman artikel), dipisahkan menjadi halaman tersendiri.


Contoh tipe website yang menggabungkan keduanya adalah template Roneth, Claris, Interio, dan Aira yang secara khusus dibuat oleh tim Jastaweb kami.


Jadi kembali lagi ke pertanyaan utama kita nih. Yang mana yang lebih baik?

Jawabannya adalah, tergantung kebutuhan kita. Karena Single Page ataupun Multiple Page sama – sama memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.


Untuk kita yang ingin lebih menonjolkan profil kita secara lengkap dan ringkas, Single Page bisa menjadi pilihan.

Untuk kita yang ingin memiliki website jangka panjang dan bisa dioptimasi untuk mesin pencari, Multiple Page bisa menjadi pilihan.

Dan tentunya, apabila kita ingin jalan tengah, selalu bisa memilih website yang menggabungkan keduanya. :)


Semoga bermanfaat!