Manfaat Memiliki Website

Manfaat Memiliki Website

“Ngapain lah punya website?? Toh sudah ada media  sosial yang gratis sekarang”

Nah, pasti ini salah satu alasan yang (mungkin) pernah kita utarakan ketika ada teman ataupun pelanggan bisnis kita bertanya “Sudah punya website belum” ?


Yup, memang betul, terkadang harga jasa pembuatan website yang super beragam bisa membuat kita bingung. Mulai dari gratis, yang murah hanya ratusan ribu, hingga ratusan juta (gak bercanda loh). Apalagi kalau kita baru saja memulai bisnis. Sudah susah payah memulainya. Belum lagi modalnya yang mungkin harus kita hemat sehemat – hematnya. Lah, sekarang mesti keluar uang lagi untuk sesuatu yang (kita pikir) sudah ada gratisannya.


Eittsss. Tunggu dulu!


Memang betul sih, kita sudah ada banyak media sosial yang gratis.

Tapi yang perlu kita tahu adalah bahwa Website dan Media Sosial tidaklah sama. Baik fungsi utama maupun sebagai representasi bisnis kita di dunia internet.


Di satu sisi, Media Sosial (Facebook, Instagram, dll nya) memang juga bisa berfungsi untuk media promosi bisnis kita.

Tapi di sisi lain, untuk promosi bisnis yang jauh lebih intens, tentu website adalah rajanya.

Loh kok bisa?


Yuk, coba kita lihat lebih lanjut mengenai manfaat memiliki website untuk bisnis kita.



1. Website Sifatnya Resmi

Tidak ada satupun website di dunia ini yang tidak resmi. Dengan catatan, websitenya betul – betul website milik bisnis kita yah (bukan dengan embel - embel gratisan dari penyedia layanan website gratis). Kenapa bisa begitu?


Karena setiap website pastilah harus terdaftar dengan NAMA DOMAIN. 

Contohnya seperti website kami di https://www.jastaweb.com 


Nah, domain ini sifatnya unik dan terdaftar secara resmi (kalau di Indonesia, hampir boleh kita samakan dengan Hak Merek). Hanya saja ini di dunia internet. Dan tidak ada satu pun website di dunia ini yang memiliki nama yang sama (walaupun bisa saja nama perusahaan atau mereknya sama). Nama domain ini berdiri sendiri, mandiri, dan tidak berada di bawah naungan organisasi apapun dan siapapun. Sepenuhnya milik bisnis kita sendiri.


Beda dengan media sosial tentunya. Kalau ditanya media sosial kita, pasti disebutkan nama media sosialnya dulu kan? Baru User ID kita? Karena memang akun kita berada di bawah perusahaan media sosial tersebut. Jadi bukan resmi punya kita. Begitu juga dengan akun perusahaan kita di media sosial itu.


Jadi… gampangnya punya website sendiri, tentunya lebih bergengsi dong. Dan pastinya bisa meningkatkan citra bisnis kita.



2. Lebih  Mudah Terdaftar di Hasil Pencarian Search Engine 

Sudah pasti tahu dong, kalau kapanpun kita bertanya ke Mbah Google, hampir semua hasil pencariannya adalah alamat website?

Yupp! Kalau kita punya website, ada potensi besar bisnis kita bisa dicari oleh calon pelanggan atau klien kita yang lagi bertanya ke Mbah Google.


Coba kita bayangin nih. Misal sehari ada 100 orang aja yang ketemu dengan bisnis kita lewat Mbah Google. Sudah pasti kita bisa dapat lebih banyak pelanggan kan?



3. Calon Pelanggan Lebih Terfokus

Coba kita bayangin, kalau bisnis kita ada di media sosial. Dan ketika calon pelanggan lagi baca – baca bisnis kita, tiba – tiba ada temennya yang ngajak chat? Atau tiba – tiba ada video lucu muncul? Atau tiba – tiba ada muncul post lain di atasnya?

Tentunya perhatian calon pelanggan kita bisa – bisa buyar, dan malah fokus ke hal lainnya. Alhasil malah jadi lupa tujuan utamanya.


Karena pada dasarnya, media sosial fungsi utamanya adalah untuk bersosialisasi. Dan salah satu aspeknya memang adalah promosi bisnis. Tapi ini salah satu nya loh. Karena banyak lainnya adalah untuk chat, sharing – sharing berita dan story, dan banyak hal lain yang lebih ke hiburan.


Beda dengan calon pelanggan yang memang menemukan bisnis kita di Mbah Google. Sudah bisa dipastikan memang calon pelanggan tersebut “mantap” ingin tahu lebih lanjut mengenai bisnis kita. Dan tentunya calon pelanggan seperti ini yang kita cari kan?



Nah itu dia manfaat dari kita memiliki website. Mungkin kesannya sepele, tetapi sebenarnya pada akhirnya ketika bisnis kita sudah jauh berjalan, website sudah menjadi kebutuhan pokok. Jadi jangan terbalik lagi yah.

Miliki website sebagai media promosi utama kita, dan media sosial sebagai promosi pendukung. Bukan sebaliknya.


Jadi langkah selanjutnya? Pastikan kita bisa menemukan jasa pembuatan website yang terpercaya. Tidak hanya yang menawarkan harga murah, tetapi juga dengan kualitas yang top.