5 Tips Sukses Ala Bill Gates

5 Tips Sukses Ala Bill Gates

Banyak orang mencari rahasia kesuksesan. Kalau di budaya Indonesia, mungkin tidak jarang juga yang beralih ke para “ahli” (baca: dukun), hehe.


Dipikir – pikir hal tersebut memang wajar, karena ke”suksesan” adalah sesuatu yang memang diimpikan oleh semua orang di dunia. Karena itulah banyak orang berlomba – lomba mencari “rahasia kesuksesan” yang terbukti.


Nah…. Kali ini kita akan membagikan rahasia sukses yang sudah 100% terbukti, langsung dari salah satu orang tersukses di dunia, yaitu sang pendiri perusahaan komputer raksasa bernama Microsoft :  Bill  Gates.


Yuk mari kita simak.



1.  Rajin Membaca

Bill Gates meyakini bahwa salah satu kunci terbesar kesuksesan adalah rajin membaca. Karena dengan demikian, seseorang dapat memperoleh wawasan yang lebih luas, yang tentunya sangat diperlukan saat mencapai suatu kesuksesan. Beliau berkata bahwa “Memiliki rasa kaingin tahuan terhadap apa yang terjadi di dunia akan  membantu seseorang untuk sukses, tidak peduli apa jenis pekerjaan mereka.  


Dan tentunya, tidak mengherankan kalau Bill Gates sendiri adalah seorang kutu buku. :)

 

 


2.  Jangan Menunda

Salah satu kata mutiara dari Bill Gates yang paling terkenal adalah “Jika kau sudah  berada di tempat dan waktu yang tepat, tetapi tidak mengambil langkah apapun,  maka kau tidak akan pernah mencapai kesuksesan”.


Bill Gates sendiri tidak pernah menunda pekerjaan apapun yang harus dia kerjakan, terutama terhadap ide – ide dan perencanaan yang telah dia pikirkan. Karena semakin cepat suatu ide diimplementasikan, semakin cepat kita akan mendapatkan hasilnya. Walaupun hasil yang diperoleh adalah kegagalan, kita bisa langsung belajar dari kegagalan tersebut dan mencoba cara yang lebih baik lagi (karena tidak ada kata “menunda”!)


Salah satu contohnya nih, untuk kamu yang ingin memulai bisnis online tetapi masih me"nunda" memiliki website, ini saat yang tepat untuk kamu segera memilih rekanan jasa pembuatan website yang tepat!




3.  Jadilah Seorang Visioner

Bersyukur atas keadaan sekarang adalah salah satu resep mendapatkan kebahagiaan sejati. Tapi… jangan lupa pula untuk berpandangan jauh ke depan (tentu saja dalam tahap dimana hal tersebut tidak akan membebani kita). Bill Gates sendiri sudah meramalkan bahwa di masa depan, akan banyak sekali wirausahawan yang lahir di dunia, dan karena itulah beliau mengambil langkah besar untuk membuat suatu produk yang bisa memenuhi kebutuhan para wirausahawan tersebut.


Pastinya, tetapkan perencanaan yang matang terlebih dahulu! Tetapkan langkah – langkah konkrit yang akan diambil untuk meraihnya, dan hal ini akan memastikan kita tidak akan pernah melenceng dari cita – cita yang telah kita impikan.




4.  Rajin Mendengarkan

Kita semua tahu sangatlah menyebalkan dan melelahkan untuk mendengarkan keluhan pelanggan yang (mungkin) tidak akan pernah ada habisnya. Tapi ingat kata – kata Bill Gates bahwa “Pelanggan yang paling tidak puas adalah sumber pembelajaran  terpenting untuk kita”. Jadi… siapkan dirimu untuk mendengarkan, tekan sedikit rasa ego mu, dan dengarkan sepenuh hati!

 



5.  Beradaptasi Terhadap Perubahan Teknologi

Salah satu hal yang memiliki perubahan tercepat di dunia adalah teknologi. Dan inilah alasan utama mengapa Bill Gates memilih bidang teknologi sebagai bisnis utamanya. Kata – kata mutiaranya yang lain yang cukup terkenal adalah “Semua  hal menarik selalu datang dari hasil ciptaan ilmu pengetahuan dan teknologi” . 


Jadi.. siapkan dirimu untuk mempelajari teknologi terbaru, beradaptasi dengan setiap perubahannya, dan jadikan teknologi sebagai alat utama yang akan membantumu meraih kesuksesan!