5 Tips Mendapatkan Ide Bisnis Startup

5 Tips Mendapatkan Ide Bisnis Startup

Sudah memiliki angan – angan untuk memulai bisnis Startup kamu sendiri? Mantap! Berarti, kamu sudah selangkah lebih dekat dalam tahapan menjadi Wirausaha!


Tapi… tentunya memulai bisnis Startup akan menjadi langkah yang paling sulit. Dan di dalamnya termasuk mencari ide mengenai kegiatan bisnis yang akan kamu tekuni.


Mungkin beberapa orang sudah memiliki gambaran jelas bisnis seperti apa yang ingin mereka jalankan. Tentunya untuk kamu yang masih agak “galau” ingin memulai bisnis seperti apa, ada baiknya kamu mengambil langkah mundur sejenak dan memikirkannya dengan matang. Pastinya kamu juga bisa mencoba beberapa tips berikut yang mungkin bisa membantu kamu untuk menemukan ide untuk bisnis Startup kamu.



1.  Kenali Minatmu

Mungkin bisa dibilang ini adalah cara terumum (dan nyatanya salah satu yang terefektif) untuk mendapatkan ide segar untuk bisnis Startup mu kelak.


Betul sekali! Bisnis yang sesuai dengan minatmu.


Tentunya hal ini berkaitan dengan fakta bahwa di awal bisnis Startup kamu berjalan, kemungkinan besar kamu akan mengurus segala sesuatunya seorang diri, dan jika kamu mencintai apa yang kamu lakukan, tentunya kamu tidak akan merasa terlalu terbebani.


Tidak hanya itu. Tentunya kamu akan justru makin bersemangat apabila untuk menyelesaikan berbagai tantangan ke depannya.

Mengapa demikian?


Karena kamu menikmati apa yang kamu kerjakan!



 

2.  Kenali Keahlianmu

Menemukan minat memang bukanlah perkara mudah. Jadi tips kedua untuk mendapatkan ide yang cocok untuk bisnis Startup kamu adalah memulainya dari apa yang memang kamu kuasai. Baik dari sisi teknis ataupun non teknis, jika kamu memang ahli dalam mengerjakannya, maka bisnis Startup tersebut layak kamu coba!


Perlu diingat bahwa di awal – awal bisnis Startup berdiri, akan ada banyak sekali tantangan (yang terkadang diperparah oleh kebutuhan para pelanggan kamu yang bisa saja bermacam – macam). Tetapi jika memang kamu ahli dalam bidang tersebut, pastinya masalah – masalah tersebut bisa kamu selesaikan dengan baik dan akan memberikan kesan baik kepada para pelanggan dan rekanmu nantinya.

 


 

3.  Pelajari Model Bisnis Dari Startup Yang Lain

Tidak perlu gengsi untuk sedikit “mencontek” ide dari bisnis Startup orang lain kok. Karena tidak peduli bagaimanapun miripnya model bisnis antara 2 bisnis serupa, tetap saja produk akhirnya akan berbeda. Faktanya, melihat dan mempelajari model bisnis Startup lain bisa saja justru memberikan kamu ide – ide baru yang bisa kamu gabungkan dengan ide awal kamu, untuk memberikan produk yang memiliki nilai jual jauh lebih tinggi!

 



4.  Lakukan Penelitian Pasar

Hidup itu penuh masalah (hikss….). Tetapi justru di situlah peluangnya! (nah loh??)


Percaya atau tidak, banyak sekali bisnis Startup yang berhasil mencapai kesuksesan ketika produk ataupun jasa yang mereka hasilkan mampu memenuhi permintaan banyak orang. Tetapi yang terpenting lagi adalah mereka berhasil “menyelesaikan” masalah banyak orang.


Jadi… inilah waktu yang tepat untuk kamu pergi ke luar sana, dan mendapatkan berbagai kritik dan saran (serta masalah, selama kamu tidak membuat masalah sendiri yah hehe). Siapa yang tahu, kamu akan mendapatkan ide cemerlang untuk menyelesaikan permasalahan tersebut melalui bisnis Startup kamu kelak!



 

5.  Adapatasikan Dengan Perkembangan Teknologi Sekarang

Perkembangan teknologi yang kian pesat, tentu juga memegang peranan penting terhadap perilaku para calon pelanggan kita nantinya. Banyak sekali bisnis Startup atau bahkan bisnis yang sudah lama berdiri sekalipun, harus membuat perubahan drastis terhadap model bisnisnya karena perkembangan teknologi yang pesat.


Jadi, bisa juga kamu dapatkan ide dengan melihat perkembangan teknologi yang ada sekarang, dan bagaimana kamu bisa mengadaptasinya untuk mendukung bisnis Startup kamu. Tetapi ingat, bahwa teknologi haruslah menjadi pendukung bisnis kamu, bukan sebaliknya.



Nah… itu dia 5 tips untuk mendapatkan ide – ide segar mengenai bisnis Startup yang ingin kamu jalankan. Selalu ingat bahwa langkah pertama selalu menjadi yang tersulit.


Tapi… itu juga yang membuat memulai bisnis sendiri menantang dan menarik di waktu yang bersamaan. J