5 Ide Bisnis Online Sampingan

5 Ide Bisnis Online Sampingan

Kadang bingung yah… hemat sudah… menabung sudah… tapi tetap saja rasanya penghasilan pas – pasan. Mau mulai usaha juga modalnya masih tidak jelas.


Eits eits eits… jangan sampai semua pikiran itu menyurutkan niat kamu untuk tetap berkarya dan tentunya produktif yah. Kadang kalanya memang penghasilan dari pekerjaan utama kita bisa saja memang ternyata tidak cukup untuk kebutuhan sehari – hari kita. Apalagi mengingat memang setiap tahunnya, pastinya ada kenaikan biaya hidup.


Nah, ada baiknya nih kalau kamu masih belum mantap memulai bisnis kamu secara full time, kamu bisa mencoba dulu beberapa bisnis online sampingan yang tentunya bisa kamu kerjakan di sela – sela istirahat ataupun setelah jam kantor regular kamu. Tentunya hanya bermodalkan laptop dan koneksi internet yang stabil, kamu langsung bisa memulainya loh.



1. BLOG / WEBSITE

Kamu bisa memulai blog atau website pribadi kamu sebagai langkah awal loh. Tentunya kamu tidak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki keahlian dalam hal pembuatan website ataupun blog, karena sudah banyak jasa pembuatan website yang siap membantu kami. Hanya saja pastikan kamu memiilih rekanan jasa pembuatan website yang terpercaya, dan pastinya memang bisa memberikan kamu berbagai tips praktis yang akan membantu kamu memulai bisnis online kamu.


Ketika blog atau website kamu sudah ramai pengunjung, kamu bisa memulai untuk membuatnya menjadi lahan penghasilan. Mulai dari menyediakan space untuk iklan, ataupun memasarkan produk untuk mendapatkan royalti.




2. ONLINE SHOP (TOKO ONLINE)

Untuk kamu yang memiliki jiwa berjualan yang tinggi (termasuk saya hehe), bisa juga kamu memulai bisnis online kamu dengan memiliki toko online. Tentunya pilihan ada di tangan kamu, apakah kamu mau langsung memiliki toko online kamu sendiri (yang berarti kembali lagi kamu harus memastikan memiliki rekanan jasa pembuatan website yang handal dan terpercaya) ataupun kamu bisa mencoba berjualan terlebih dahulu di marketplace ataupun media sosial.




3. MENJUAL PRODUK DIGITAL

Jika kamu tidak memiliki barang fisik yang bisa dijual, mungkin kamu juga bisa memikirkan berbagai benda non-materi yang berguna yang tentunya bisa mendatangkan manfaat kepada banyak orang, dan pastinya juga manfaat materi untuk kamu. Mulai dari berjualan e-book ataupun mengadakan pelatihan online. Jika benda non-materi yang kamu tawarkan bisa mendatangkan manfaat untuk banyak orang, dijamin keuntungan yang kamu dapatkan tidak kalah dibandingkan kamu menjual barang fisik deh.




4. AFFILIATE MARKETING

Untuk kamu yang cukup “eksis” dan “terkenal” di dunia maya (ehemm), mungkin Affiliate Marketing bisa menjadi salah satu pilihan terbaik nih. Profesi ini juga banyak dikenal sebagai Influencer. Jadi tugasmu adalah menjadi “bintang iklan” untuk produk dari klien tertentu (perusahaan ataupun perorangan) untu memasarkan produk mereka di media sosial kamu. Kapan lagi kita bisa tetap eksis di media sosial dan mendapatkan pundi – pundi yang oke bukan?




5. ARTICLE / GHOST WRITER

Untuk kamu yang mungkin agak “pemalu” tetapi memiliki bakat terpendam dalam menulis, bisnis yang satu ini bisa menjadi pilihan nih. Tugasmu semuanya akan berhubungan dengan menulis, entah itu menulis artikel, berita, cerita, dan lain sebagainya. Memang sih, nama kamu sebagai si penulis tidak akan tercantum (karena di sini, kedudukan kamu adalah sebagai penulis yang disewa), tetapi pastinya ini bisa menjadi alternatif kamu untuk berlatih sekaligus mengumpulkan modal yang cukup, untuk kelak bisa menjadi penulis yang independen!



Nah teman – teman, itu dia 5 ide bisnis online yang bisa kamu coba. Tidak ada alasan untuk tidak mencobanya, karena selama kamu memiiki laptop dan internet (dan tentunya niat dan tekad yang kuat), pastinya itu semua akan membuahkan hasil yang oke. J