5 Fitur Terpenting Toko Online

5 Fitur Terpenting Toko Online

Kalau kita berbicara mengenai Toko Online, tentu di bayangan kita akan terbayang suatu website dengan berbagai fiturnya yang canggih, dengan berbagai produk dan tentunya… omzet yang wowww!


Hmm… boleh dibilang itu semua betul (kecuali bagian omzet, karena itu semua tergantung dari toko onlinenya sendiri hehe).

Tapi sebenarnya, dari kompleksnya fitur – fitur toko online, sebenarnya apa sih fitur yang paling penting?

Mungkin ada yang menjawab bahwa fitur yang terpenting adalah “Keranjang Belanja” atau “Shopping Cart”.


Nah… fakta uniknya, walaupun memang salah satu “pembeda” Toko Online dengan jenis website lain adalah fitur yang satu ini (kamu bisa terlebih dahulu segarkan ingatan kamu mengenai jenis – jenis website), tetapi kalau dinilai dari tingkat seberapa pentingnya sendiri, fitur ini tidak termasuk ke dalam 5 teratas loh.


Lantas…. Sebenarnya 5 fitur apa yang paling penting di Toko Online?

Yuk kita simak!



1. Pengkategorian Produk (Product Classification)

Semuanya setuju bahwa fitur terpenting pertama yang “kudu, mesti, wajib” ada di Toko Online adalah pengkategorian produk.

Mengapa demikian?


Tentunya karena di dalam satu Toko Online, sama sekali tidak bisa kita seragamkan berapa banyak produk yang terdapat di dalamnya. Ada beberapa Toko Online yang mungkin hanya memiliki puluhan jenis produk, ratusan, atau yang besar bisa lebih dari ribuan produk.

Dan bisa kita bayangkan, kalau tidak ada pengkategorian, lalu ribuan produk itu ditampilkan semua. Istilahnya nih… kalau kita belanja di Supermarket, tidak ada rak – rak khususnya. Semua produk ditaruh begitu saja. Waduh… pusing tujuh keliling lah kita. Walaupun misalnya produk yang ditawarkan lengkap, tetapi rasa pusing yang amat sangat hanya untuk mencari satu produk saja, bisa cukup membuat calon pelanggan kita “kabur”.


Jadi… untuk kamu yang sudah ataupun berniat memiliki Toko Online, pastikan bahwa fitur ini HARUS ADA. Jangan lupa diskusikan dengan rekanan jasa pembuatan website kepercayaan kamu mengenai cara pengkategorian terbaiknya.

 



2. Pencarian & Pensortiran Produk (Search & Filtering)

Fitur terpenting kedua adalah pencarian dan pensortiran produk. Pencarian biasanya ditandai dengan suatu kotak yang bisa kita ketikkan dengan kata kunci tertentu. Sedangkan untuk pensortiran, biasanya memang berbeda – beda tergantung Toko Online nya sendiri, namun yang paling umum adalah pensortiran berdasarkan harga dan nama (pastikan minimal ada 2 jenis pilihan pensortiran ini).


Fitur ini cukup penting, karena mengingat ada ribuan Toko Online serupa di internet (yang di sini berarti adalah competitor kamu), dengan produk yang sama, tetapi mungkin dengan spesifikasi yang berbeda (yang paling sering adalah harga). Dan tentunya, tidak jarang pengunjung Toko Online sudah memiliki “bayangan” produk apa yang ingin dia cari. Jadi dengan adanya fitur pencarian dan pensortiran ini, akan sangat memudahkan pengunjung Toko Online kamu untuk menemukan barang yang ingin dia bandingkan.


Walaupun memang tetap ada kemungkinan pengunjung akan beralih ke toko lain setelah selesai membandingkan (misalnya karena pertimbangan harga, garansi, dan sebagainya), tetapi jika pengunjung menemui bahwa Toko Online kamu lebih “ribet” untuk menemukan produk yang dia cari, kemungkinan dia akan “kabur” akan jauh lebih tinggi.

 

 


3. Layanan Pelanggan (Customer Service)

Fitur terpenting lainnya adalah layanan pelanggan. Tentunya sudah cukup jelas mengapa fitur ini juga menjadi salah satu fitur terpenting dari Toko Online. Pasalnya, tentu pengunjung bisa saja memiliki pertanyaan seputar produk, cara pembelian, cara pembayaran, dan lain sebagainya, yang walaupun sebenarnya mungkin sudah kamu sertakan semua di dalam website, tetapi si pengunjung merasa “agak malas” untuk mengeceknya terlebih dahulu (maklum… “budaya membaca” di negara kita masih agak – agak rendah hehe).


Jadi… dengan layanan pelanggan ini, pastinya si pengunjung akan merasa sangat dimudahkan untuk mendapatkan informasi dengan cepat. Bahkan tidak jarang loh, walaupun misalnya harga yang kamu tawarkan lebih mahal dibandingkan Toko Online lain, tetapi dengan layanan pelanggan yang tokcer, si pengunjung akan jatuh hati dan memutuskan membeli di Toko Online kamu (asiiiik!). Layanan pelanggan ini bisa diterapkan dalam bentukOnline Chat, form kontak, ataupun chat melalui media sosial (misalnya Whatsapp)




4. Pembaruan Produk (Product Update)

Pembaruan produk di sini lebih mengarah kepada fitur yang diperuntukkan kepada kamu sebagai sang pemilik Toko Online. Artinya, harus ada suatu fitur yang memungkinkan kamu untuk melakukan pembaruan produk secara mudah (misalnya menambahkan produk baru, menghapus produk lama, ataupun mengganti detail tertentu dari suatu produk).


Mengapa demikian? Karena walaupun bersifat Online, Toko Online tetaplah “toko” yang tetap butuh untuk dikelola secara terus menerus. Salah satu contoh paling jelas adalah ketika ada suatu periode waktu tertentu (misalnya bulan Ramadhan), dimana produk – produk konsumsi tertentu akan sangat tinggi permintaannya. Jadi kamu harus sigap memosisikan produk – produk tersebut di halaman paling depan, mungkin mengubah harganya, dan pastinya memperbarui stoknya agar bisa dibeli dalam jumlah lebih banyak oleh pelanggan kamu.


Dan disinilah fitur pembaruan produk yang dibangun oleh jasa pembuatan website rekanan kamu memiliki peranan super penting.




5. Diskon / Promo (Discount / Promo)

Fitur terakhir yang berfungsi sebagai “pemanis” untuk penjualan di Toko Online kamu adalah fitur Diskon atau Promo. Fitur ini biasanya merupakan fitur opsional (artinya bersifat sebagai tambahan yang mungkin membutuhkan waktu dan biaya tambahan di luar fitur regular Toko Online), karena walaupun fungsinya yang hanya sebagai pemanis, secara teknis, pembuatan fitur ini cukup rumit karena terhubung dengan sistem penjualan di Toko Online kamu secara keseluruhan.


Fitur Diskon atau Promo yang bisa kamu coba misalkan seperti memberikan potongan harga senilai harga atau persentase tertentu, atau promo harga spesial dalam jangka waktu tertentu untuk produk – produk tertentu. Seberapa fleksibel fitur ini dapat digunakan, tentunya kembali lagi ke kesepakatan antara kamu dan rekanan jasa pembuatan website kamu. Yang pasti, tentukan dengan jelas batasan – batasan fitur diskon atau promo yang ingin dibuat agar fungsi fitur ini dapat berjalan dengan baik nantinya.



Nah… itu dia 5 fitur terpenting dari Toko Online.

Kalau kamu sudah memiliki Toko Online, ada baiknya nih kamu memastikan bahwa Toko Online kamu sudah memiliki paling tidak 4 fitur teratas (nomor 1 s/d 4).


Dan ingat… bahwa Toko Online bagaimanapun adalah sebuah “Toko” yang harus dikelola secara teratur.

Jadi… jangan lupa kelola selalu Toko Onlinemu secara teratur dan terus tingkatkan penjualan Online kamu, agar bisnis Toko Online kamu makin lancar jaya.


Semoga bermanfaat! :)