4 Tips Menghindari Stress Di Tempat Kerja

4 Tips Menghindari Stress Di Tempat Kerja

Apakah kamu mulai mengalami stress berkepanjangan di tempat kerja? Atau mungkin lebih parah, kamu mulai mempertanyakan “kewarasan” kamu sendiri dan rasanya ingin meninju rekan kerjamu sendiri yang entah kenapa sekarang terlihat jauh lebih menyebalkan? (wew…)


Yah… Namanya juga bekerja. Pastinya tidak terlepas dari tuntutan ini dan itu yang pada akhirnya membawa berbagai macam tekanan kepada pikiran kita. Tetapi… apapun penyebabnya, satu hal yang pasti kita harus tetap bekerja untuk berbagai alasan. Mulai dari membayar tagihan dan cicilan bulanan kita, memastikan kita bisa makan setiap harinya, atau mungkin memenuhi impian kita untuk jalan – jalan di tahun depan.


Jadi.. cara terbaiknya…? Tentunya kita harus mencari cara agar suasana di tempat kerja kita bisa menjadi lebih “menyenangkan”. Agar kita tidak stress, tetap produktif, dan tidak secara sengaja meninju salah satu rekan kerja kita, apalagi atasan kita hehe.


Yuk kita simak beberapa tips berikut.


1.  Membantu Pekerjaan Rekan Kerja Yang Lain

“Itukan pekerjaan dia, kenapa harus saya yang mengerjakan??” Pernahkah salah satu rekan kerjamu berkata seperti ini (atau bahkan kamu sendiri? Hehe)


Hm… memang benar sih pastinya tiap orang di kantor sudah punya fungsinya masing – masing (dan kadang itu pun sudah sangat menyusahkan). Tapi… ada baiknya nih… kalau memang saat rekan kerjamu meminta bantuan sesuatu dan hal itu memang bisa kamu bantu, lakukanlah! Tapi ingat, selama hal itu tidak menganggu pekerjaanmu sendiri yah.


Karena sepintar apapun, kita tetaplah manusia yang perlu interaksi dan hubungan sosial. Dan dengan menolong rekan kerja kita, kita akan merasakan rasa bangga terhadap diri kita sendiri, tentunya selain itu juga akan menciptakan suasana kerja yang jauh lebih bersahabat dan nyaman. Mungkin saja kamu akan menjadi lebih populer dan pastinya mereka akan bersedia membantumu juga saat kamu mengalami kesulitan. 


Mungkin saja kamu bahkan bisa menemui sahabat terbaikmu dari tempat kerjamu!


2.  Atur Waktu Kerja Kamu Dengan Efektif

Lembur itu me…nye…bal…kan (setuju atau setuju?) Karena itulah lembur harus kita hindari sebisa mungkin (selama memang keadaan tidak mengharuskan kita lembur). Itulah pentingnya mengatur seluruh jam kerja kamu di kantor se efektif mungkin.


Tetapkan prioritas pekerjaanmu mulai dari yang terpenting dan selesaikan secepat dan seefektif mungkin. Kamu harus sedikit menahan “godaan” untuk nge”gosip” dengan rekan kerjamu, menonton video – video yang kamu sukai di Youtube, ataupun browsing produk yang ingin kamu beli, karena kamu bisa melakukannya dengan sepuas mungkin setelah jam pulang kantor nanti.

 

 

3.  Sebisa Mungkin Hindari Memikirkan Pekerjaan Saat Kamu Sudah Pulang

Akhirnya sudah jam pulang kantor, tetapi entah kenapa kamu masih harus membalas beberapa email di perjalanan pulang ke rumah? Wah… ini saatnya kamu menetapkan batasan antara kehidupanmu dengan pekerjaanmu.


Ingat, bahwa saat jam kantor selesai, tanggung jawab kamu di kantor pun sudah selesai untuk hari itu. Dan kamu sama sekali tidak salah untuk sedikit “egois” untuk menikmati waktumu sendiri seusai jam kantor. Ingat bahwa pekerjaan tidak akan pernah ada habisnya. Jadi… pastikan kamu bisa menyeimbangkan dirimu sendiri antara kehidupan dan pekerjaanmu.

 


4.  Cari Tantangan Baru 

Terkadang memang lucu, karena seringkali kita ingin memiliki pekerjaan yang “gampang”, tapi pada akhirnya kita sendiri merasa “bosan” dan “stress” (nah loh?).


Ini tandanya kamu harus mulai mencari tantangan baru di dalam pekerjaan kamu.


Wajar – wajar saja, karena kita sebagai manusia, ada suatu kebutuhan untuk aktualisasi diri, dimana kita memiliki keinginan untuk mengembangkan diri kita sendiri, termasuk di dalam pekerjaan. Jadi.. beranikan dirimu untuk ambil project baru, atau bahkan mengajukan dirimu sendiri untuk mengambil tugas – tugas yang sedikit “mustahil” untuk dikerjakan.


Siapa yang tahu dengan kegigihan kamu untuk terus berkembang melalui tantangan – tantangan itu, kamu bisa mendapatkan kenaikan jabatan secara lebih cepat! Misalnya saja untuk kamu yang bekerja di bidang jasa pembuatan website, kamu bisa mencoba berbagai project website baru dengan fitur - fitur ataupun desain - desain yang tidak umum ataupun belum pernah kamu buat sebelumnya. Ini tentunya akan berpengaruh positif untuk perkembangan mu dan juga perusahaan tempatmu bekerja.



Nah, itu dia beberapa tips yang bisa membantumu untuk menghindari stress di tempat kerjamu. Selalu ingat bahwa semasa hidup kita, pekerjaan akan menghabiskan sekitar 30% dari porsi kehidupan kita. Jadi… pastikan kamu bisa enjoy dengan pekerjaanmu sendiri dan mencapai tujuan karir yang kamu cita – citakan! :)