4 Tips Mendapatkan Pekerjaan Impianmu

4 Tips Mendapatkan Pekerjaan Impianmu

Pertanyaan pertama yang mungkin akan muncul di benakmu setelah lulus kuliah adalah : “Bagaimana caranya agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan?”


Hm… pertanyaan ini tentunya susah – susah gampang untuk dijawab. Apalagi di jaman sekarang dimana ada ribuan lulusan setiap tahunnya dan makin minimnya lapangan pekerjaan yang tersedia.


Tapi tentunya kamu tidak perlu berkecil hati, karena kali ini kita akan coba melihat beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan impianmu!




1. Tetap Optimis

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengubah dulu mindset kamu nih. Memang pastinya ada sejumlah kekhawatiran, mengingat ketatnya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan. Tetapi jika kamu membiarkan diri kamu menjadi pesimis, pada akhirnya kamu malah enggan untuk berusaha dan malah benar – benar tidak bisa mendapatkan pekerjaan impianmu.


Tetap berusahalah untuk memandang sesuatunya secara positif. Jangan gentar apabila kamu masih belum berhasil diterima di perusahaan yang kamu targetkan. Tetap percaya dan tentunya berdoa, agar kamu bisa berusaha terus secara giat.


Yakinlah bahwa semua usaha dan kerja keras kamu akan berbuah manis nantinya!




2. Dapatkan Info Lowongan Pekerjaan Yang Tidak Dipublikasikan


Di jaman sekarang, pastinya kebanyakan dari kamu mendapatkan info lowongan pekerjaan dari media internet. Memang di satu sisi jauh lebih mudah, karena tinggal beberapa klik saja, kamu bisa langsung mengajukan lamaran kamu. Tetapi jangan lupa juga, bahwa ada ribuan orang di luar sana yang berpikiran sama seperti kamu loh hehe.


Jadi, kalau memang saat ini kamu masih belum menerima panggilan dari perusahaan yang kamu lihat di internet, sudah saatnya kamu mengubah sedikit strategimu. Coba dapatkan info lowongan pekerjaan yang tidak dipublikasikan.


Eitss… bukan berarti ini pekerjaan illegal loh yah hehe. Pada kenyataannya, masih banyak perusahaan yang tidak mempublikasikan lowongan pekerjaannya di internet, tentunya dengan banyak alasan dan pertimbangan masing – masing perusahaan.


Yang pasti, ini saatnya kamu memperluas networking kamu. Jangan malu untuk bertanya kepada teman – teman, kerabat, ataupun saudara kamu mengenai info lowongan pekerjaan yang mungkin mereka miliki. Ingat, dimana ada kemauan di situ selalu ada jalan!




3. Jangan Memiih - Milih Pekerjaan Pertamamu

Kalau kamu memang baru lulus dengan pengalaman kerja yang masih minim (atau bahkan belum ada), ada baiknya kamu tidak memilih – milih pekerjaan pertamamu. Ingat, bukan berarti juga kamu memilih pekerjaan yang “tidak sesuai” loh yah.


Maksudnya adalah ada baiknya karena kamu juga masih minim pengalaman, anggap pekerjaan pertamamu adalah langkah awal untuk mendapatkan segudang pengalaman dan meningkatkan kualitas diri kamu. Jangan terlalu terpaku dengan kedudukan, gaji, ataupun gengsi karena perusahaan yang menawarkan pekerjaan kepada kamu tidak sesuai dengan ekspektasi kamu, apalagi membandingkannya dengan teman – teman kamu.


Setelah kamu mendapatkan segudang pengalaman di pekerjaan pertamamu, yakinlah bahwa kamu secara tidak langsung sudah memiliki “harga” yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, dan pastinya itu akan mempermudah kamu mencari pekerjaan yang lebih bergengsi nantinya.

Ingat, semuanya butuh proses. Kadang kamu harus mengalahkan ego dan gengsi kamu untuk berani menerima kenyataan tersebut yah. :)




4. Optimalkan Soft Skill

Satu hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah soft  skill kamu. Ingat bahwa walaupun hard  skill ataupun kemampuan teknis yang kamu dapatkan dari kuliah itu penting, soft skill lah yang pada akhirnya menentukan seberapa lama kamu bisa bertahan dalam pekerjaan kamu.


Pada kenyataannya, hampir sebagian besar perusahaan, skala kecil sampai besar, lebih mengutamakan soft skill yang dimiliki seseorang dibandingkan hard skill nya. Karena hard skill menentukan “harga” kamu, tetapi soft skill menentukan “potensi” kamu.


Jika kamu ingin memiliki karir yang cemerlang, soft  skill akan menjadi sangat penting. Jadi ini saatnya kamu optimalkan soft skill kamu sedini mungkin. Jangan ragu untuk mengambil kursus – kursus ataupun pelatihan jika memungkinkan, ataupun kegiatan lainnya yang bisa mengasah kemampuan soft skill kamu. Karena ini akan memperluas “potensi” kamu untuk menjadi besar nantinya.


Misalnya saja untuk kamu yang memiliki cita - cita bekerja sebagai seorang web programmer di salah satu perusahaan jasa pembuatan website, walaupun mayoritas pekerjaan kamu akan berkutat di depan komputer setiap harinya, pastikan juga kamu belajar bagaimana caranya agar bisa mengkomunikasikan atau menjembatani kebutuhan klien dengan tingkat pekerjaan teknis yang harus dikerjakan. Ini akan sangat berguna apabila kelak kamu sudah terjun secara penuh di perusahaan jasa pembuatan website tempatmu bekerja, kamu bisa memastikan semua kebutuhan klien bisa dipenuhi atau minimal dikompromikan tanpa membebani kamu (misalnya karena tidak memungkinkan untuk dibuat atau tidak sesuai dengan ekspektasi klien).




Pada akhirnya, keputusan tetap ada di tangan kamu. Yang pasti, selalu ingat bahwa tidak peduli seberapa besar kemampuan yang kamu miliki, semua hal yang ada dalam hidup memerlukan proses. Tinggal bagaimana kamu bisa menikmati proses itu, sebagai bagian dari perjalanan hidup kamu nantinya yah.


Selamat berjuang dan tetap semangat! :)