4 Pola Pikir Efektif Untuk Bangkit Dari Kegagalan

4 Pola Pikir Efektif Untuk Bangkit Dari Kegagalan

“Kegagalan adalah salah satu guru terbaik”.

Hmm… tapi bukankah banyak para guru yang menilai siswanya dari berapa banyak kegagalan yang pernah dilakukan? (upss…)


Yah… terlepas dari itu, pastinya semua orang di dunia ini, termasuk kamu pernah mengalami suatu kegagalan, Entah itu kegagalan dalam pekerjaan, bisnis, ataupun suatu hubungan. Apapun kegagalan yang kamu alami, kegagalan tetaplah kegagalan. Kita kehilangan sesuatu yang selama ini kita pertahankan atau usahakan.


Tapi… kamu juga harus percaya nih. Bahwa kegagalan HARUS pernah kamu alami terlebih dahulu apabila kamu benar – benar ingin mencapai kesuksesan.

Tentunya, selama kamu memiliki 4 pola pikir berikut!



1. Kegagalan  Tidak Menjadikanmu Seorang Pecundang

Gagal itu wajar. Tapi jika kamu pada akhirnya mengutuk diri kamu sendiri karena kegagalan itu, itulah yang membuatnya menjadi sangat salah.

Sangat wajar untuk merasa kecewa ataupun sedih, atau bahkan marah sekalipun (selama kamu tidak memecahkan sesuatu yah!)


Tapi jangan pernah menganggap dirimu seorang pecundang karena kegagalan yang kamu alami.


Karena faktanya, kegagalan adalah bukti yang paling kuat bahwa kita sudah berusaha! Sebaliknya, pecundang adalah seseorang yang bahkan terlalu takut untuk mencoba.


Jadi… kamu harus bersyukur!

Justru dengan kegagalan, itu sepenuhnya membuktikan kamu bukanlah pecundang!




2. Gagal Itu Manusiawi

Kalau kamu yakin kamu adalah seorang manusia, kamu harus bangga loh jika kamu pernah gagal di suatu titik di kehidupan kamu. Karena itu membuktikan bahwa kamu itu adalah seorang manusia sepenuhnya!


Karena manusia itu tidak sempurna. Justru kelebihan manusia adalah bagaimana mereka bisa memperbaiki ketidaksempurnaan mereka dan menjadi lebih baik ke depannya.




3. Kegagalan  Memberikan Kamu Pengalaman Berharga

Betul memang banyak sekali buku ataupun motivator yang siap memberikan dorongan ataupun semangat kepada kamu, dan segudang tips lainnya untuk menghindari kegagalan di masa mendatang. Tapi… pada kenyataannya, tetap hal paling efektif adalah menjalaninya secara langsung.


Tentunya ini bukan berarti kamu dengan sengaja gagal hanya untuk mengalaminya loh! Point pentingnya adalah kegagalan memberikan kamu pengalaman yang tidak akan pernah kamu dapatkan hanya dengan mendengarkan motivasi di buku ataupun kisah dari orang lain. Karena itu benar – benar kamu alami dengan sepenuh jiwa dan raga kamu. Sehingga pastinya kamu mendapatkan pelajaran yang benar – benar berharga bagaimana cara mengatasinya di masa mendatang.


Misalnya saja untuk kamu yang bekerja ataupun memiliki bisnis di bidang kreatif, seperti jasa pembuatan website, dimana proposal pembuatan website atau bahkan desain websitemu ditolak mentah - mentah oleh calon klien. Walaupun di satu sisi hal ini pastinya akan membuatmu sedikit down, cobalah untuk mempelajari alasan mengapa proposal atau desainmu ditolak oleh klien. Dan dari situ, justru 




4. Kegagalan  Membuatmu Tangguh

Terakhir, kegagalan adalah cara terefektif membuat kamu menjadi pribadi yang tangguh! Tentu saja dengan catatan kamu sudah sepenuhnya menyadari kegagalan kamu dan belajar dari kegagalan tersebut.


Karena kegagalan, tidak peduli seberapa besar tingkatannya, tetap akan menghancurkan hati dan ego kamu. Memaksamu untuk menerima kekurangan diri kamu sendiri sebagai seorang manusia dan mendorong diri kamu sendiri untuk berbuat lebih baik di masa mendatang.

Dan hal itulah yang akan membuatmu tangguh. Sama seperti seorang atlit yang terus berlatih walaupun sesekali ototnya terasa kram dan lelah. Pada akhirnya atlit tersebut akan sangat terampil dalam bidang olahraga yang dia tekuni. Begitu pula dengan kamu!


Secara tidak sadar, setiap kegagalan menjadikan kamu seorang pribadi yang lebih tangguh dari sebelumnya. Dan kabar baiknya, tidak ada seorang pun yang bisa menjadi sukses di dunia ini tanpa menjadi pribadi yang tangguh terlebih dahulu.

Itu berarti, kamu sudah mengambil langkah awal untuk menuju kesuksesan kamu!



Nah… jadi untuk kamu yang masih melihat kegagalan sebagai sesuatu yang “memalukan”, ini saatnya untuk mengubah pola pikir kamu.

Ini saatnya kamu untuk bangkit, dan justru bangga terhadap diri sendiri.


Karena itu menandakan kamu adalah seorang manusia yang berani dan yang terpenting, jauh lebih tangguh daripada yang kamu bayangkan!