4 Masalah Keuangan Yang Harus Dihindari Sedari Dini

4 Masalah Keuangan Yang Harus Dihindari Sedari Dini

Duh… kenapa hidup makin susah begini yah? Kapan kayanya!???” Hayo ngaku siapa yang pernah (atau sering) berpikir seperti ini?


Eitss, tenang saja. Itu wajar kok! Kita semua sebagai manusia pasti ada kalanya merasa terpuruk dan merasa hidup ini susah sekali dijalani. Apalagi kalau sudah dikaitkan dengan masalah yang namanya “duit”. Waduh… jangan sekali – sekali dibahas deh. Sebentar lagi ada benda – benda random yang melayang (asal jangan benda yang pecah belah yah hehe).


Tapi memang kalau bicara serius… di jaman sekarang memang bisa dibilang susah – susah gampang. Perkembangan teknologi yang luar biasa pesat memungkinkan kita untuk mencari banyak sekali peluang pekerjaan. Tetapi di sisi lain, ada jauh lebih banyak pula yang bersaing untuk mendapatkannya. Dan belum lagi, memang tingkat inflasi negara, pengeluaran yang mungkin makin meningkat seiring bertambahnya umur, dan masih banyak lagi.


Nah.. walaupun memang kita memang “dukun” yang bisa memberikan kamu jalan singkat menuju kekayaan (kalau kata Bang Rhoma itu “haram” hukumnya), kita bisa nih memberikan kamu beberapa tips agar “paling tidak” kamu bisa mengamankan aset kekayaan kamu dan terhindar dari masalah keuangan yang lebih berat nantinya. Karena ternyata banyak sekali di antara kita, terlepas dari umur ataupun pekerjaan, sering sekali mengalami masalah keuangan yang justru sebenarnya disebabkan oleh kita sendiri.



1. Tidak  Memiliki Tabungan

“Bang bing bung yuk… kita nabung”, pastinya kamu pernah mendengar lagu ini kan? (gapapa deh jadi ketahuan umurnya hehe). Tapi ternyata, masih cukup banyak kaum muda yang belum memiliki tabungan, baik itu merupakan tabungan di bank,  ataupun memang tidak ada niatan menabung (nah loh, kan repot).


Jangan lupa yah, walaupun terkesan sepele, menabung ini sangat sangat diperlukan untuk kita agar terhindar dari pola hidup konsumtif. Pasalnya, ketika ada sesuatu yang terlihat di dompet kita, pastinya rasa ingin membeli macam – macam bisa muncul. Untuk generasi sekarang, kita cukup beruntung karena pembukaan rekening tabungan sudah jauh lebih mudah dan praktis sekarang. Jadi… pastikan kamu sudah memiliki rekening tabungan yah (kalau belum). 


Jika sudah, berarti selamat! Kamu telah memulai langkah pertama terhindar dari masalah keuangan. Saatnya lanjut ke langkah berikutnya.

 

 


2. Tidak  Memiliki Rencana Masa Depan

Hidup itu dinikmati… toh hanya sekali.

Bener sih… Tapi jujur nih.. kalau tidak ada uang sama sekali, bagaimana menikmatinya yah…? (galau deh).


Banyak sekali kaum muda sekarang terjebak dengan pola pikir “yang ada sekarang” tanpa merencanakan masa depan. Akibatnya yah walaupun sudah memiliki tabungan, pada akhirnya akan terkuras juga untuk sesuatu yang sebenarnya tidak ber”faedah” (istilahnya).


Selalu ingat loh… bahwa umur kita akan terus bertambah, sedangkan tenaga kita lambat laun akan berkurang. Dan tidak ada jaminan bahwa pekerjaan ataupun bisnis yang kita jalani sekarang akan selamanya mulus. Jadi… rencanakan sedini mungkin! Mulai dari perencanaan bagaimana kamu akan memakai uang kamu untuk kebutuhan kamu sekarang dan bagaimana kamu akan menyisihkannya untuk ditabung untuk masa depan kamu (misalnya untuk fase – fase besar kehidupan, seperti menikah atau membeli rumah).


Jangan takut untuk merencanakannya dari sekarang (apalagi karena takut dibilang sudah “tua”). :)

 



3. Tidak  Memiliki Investasi Sama Sekali

Sudah punya alur penghasilan dan tabungan yang cukup stabil?? Saatnya kamu mulai melirik ke arah investasi!


Tabungan memang penting untuk mengamankan dana kamu di masa depan. Sedangkan investasi penting untuk memungkinkan kamu memperoleh kebebasan finansial di masa depan. Istilah kerennya sih Financial Freedom. Yaitu dimana kamu sudah tidak perlu pusing lagi dengan keuangan, karena walaupun tanpa bekerja, kamu akan tetap memperoleh dan mendapatkan uang.


Nah… salah satu jalur menuju kebebasan yang hakiki itu adalah dengan memulai investasi sedini mungkin! Jangan khawatir dengan jumlah yang harus kamu keluarkan, karena di jaman sekarang, sudah banyak sekali investasi yang kamu bisa mulai bahkan dengan modal yang sangat minim sekalipun. Mulai dari saham, reksadana, membeli logam mulia dan deposito bank. Hingga investasi dengan nilai ekonomi tinggi seperti tanah dan bangunan.


Yang mana yang harus kamu mulai tentunya kembali lagi ke keadaan keuangan kamu sekarang. Satu hal yang pasti adalah selalu ingat bahwa investasi harus kamu mulai sedini mungkin TANPA mengurangi kualitas hidup kamu yang sekarang. Artinya jangan sampai kamu menghabiskan seluruh tabungan ataupun penghasilan kamu untuk berinvestasi juga. Karena hampir semua investasi adalah jangka panjang. Dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk menikmati hasilnya, sehingga investasi yang perlahan, tetapi teratur dan pasti itulah yang akan membuahkan hasil manis untuk kamu di kemudian hari nanti.


Memiliki website portfolio pribadimu sendiri juga bisa merupakan salah satu aset investasimu di masa depan loh. Jangan segan mendiskusikan kebutuhanmu dengan jasa pembuatan website yang terpercaya dan paling mengerti kebutuhanmu!



4. Bergaya Hidup Konsumtif

Ini nih… salah satu penyakit paling akut (atau bahkan kronis) di orang – orang jaman sekarang, yaitu “hidup untuk bergaya” dan bukan “bergaya untuk hidup” (supermodel maksudnya hehe). Artinya, banyak sekali sebenarnya materi ataupun benda yang tergolong benda mewah yang dimiliki oleh seseorang, yang sebenarnya dibeli bukan untuk nilai fungsionalnya, tetapi untuk nilai “pamernya”.


Handphone keluaran terbaru? Langsung dibeli.

Teman – teman kantor pada bawa mobil ke kantor? Gengsi dong. Langsung dibeli juga.

Tas ataupun aksesori yang harganya aduhai? Ah… dibeli sekalian deh, minimal buat dikasih lihat ke si ini dan si itu.


Duhh… jangan sampai kamu juga seperti itu yah. Kalau penghasilan kamu memang sudah jauh melebihi rata – rata, memang sih itu hak kamu. Tetapi kalau sebenarnya penghasilan kamu sendiri sebenarnya boleh dibilang pas – pasan? Yah… tidak usah dipaksakan.

Ingat kata pepatah yang sangat jitu. Bahwa yang terpenting adalah “menjadi kaya”, bukan “terlihat kaya” (ngeh maksudnya yah). Kalaupun kamu ada uang lbih untuk membeli itu semua, pastikan dulu kamu sudah menyisihkan semuanya untuk tabungan, perencanaan dan media investasi kamu yah (WAJIBBB!)



Nah.. itu dia 4 masalah keuangan yang sangat rawan dan harus kamu hindari, terutama untuk kamu – kamu yang usianya masih tergolong belia. Ingat bahwa walaupun memang “hidup itu cuma sekali”, itu bukan menjadi alasan untuk berfoya – foya. Justru itu harus menjadi pendorong dan motivasi kamu untuk memperbaiki hidup kamu sesegera mungkin.

Semoga bermanfaat! :)