4 Ciri Programmer Terampil

4 Ciri Programmer Terampil

Pernah penasaran (atau mungkin sedikit ternganga) terhadap cara kerja suatu aplikasi?

Atau mungkin pernah terbersit pikiran untuk membuat suatu aplikasi ciptaan kamu sendiri?


Hmm… mungkin saja nih… kamu memiliki bakat menjadi Programmer!


Yup. Profesi yang satu ini bisa dikatakan selalu menjadi incaran banyak orang. Apalagi di jaman sekarang ini, dimana teknologi dunia berkembang dengan sangat pesatnya.


Tapi… kenyataannya adalah… Walaupun banyak orang memiliki impian untuk bekerja sebagai programmer, sama seperti profesi lainnya, profesi ini tidaklah cocok untuk semua orang.


Berita baiknya, ada 4 ciri yang bisa kamu jadikan patokan untuk melihat apakah kamu (atau siapapun) bisa dikatakan cocok untuk mendedikasikan diri sebagai Programmer.



1.  Memiliki Kemampuan Logika Yang Kuat

Ini adalah persyaratan MUTLAK yang dipenuhi oleh semua orang yang berprofesi (atau ingin berprofesi) sebagai Programmer. Tidak ada negosiasi unuk persyaratan yang satu ini!


Karena Programmer secara langsung akan menjadi “jembatan” antara logika otak manusia dengan logika operasi mesin komputer. Artinya, seorang Programmer harus mampu menerjemahkan logika manusia menjadi kode – kode yang bisa dimengerti oleh komputer dan berjalan sebagaimana mestinya.


Tidak hanya itu, Programmer juga harus mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang ingin diselesaikan oleh aplikasi ataupun program yang dibuat. Karena itulah kemampuan logika yang kuat sangat dibutuhkan.


Jadi… apabila kamu menyukai penyelesaian masalah, suka menganalisis bagaimana suatu sistem bekerja, dan yang terpenting memiliki logika yang kuat, mungkin Programmer bisa menjadi salah satu pilihan profesi utamamu!




2.  Tahan Bekerja Berjam – Jam di Depan Komputer / Laptop

Cukup miris sebetulnya, karena cukup banyak orang yang mengatakan bahwa alasan mereka menjadi Programmer adalah karena mereka “suka bermain di Komputer / Laptop” mereka.


Waduh… Ini adalah pola pikir yang harus diubah.


Karena pada kenyataannya, seorang Programmer bukanlah bermain ketika menatap komputer ataupun laptop, tetapi mereka BEKERJA (yang di dalamnya termasuk mengetikkan ribuan ataupun puluhan ribu baris kode, dan berpikir nonstop untuk menyelesaikan permasalahan yang harus diselesaikan). Misalnya saja programmer web yang bekerja di sebuah perusahaan jasa pembuatan website, dia harus siap menyelesaikan berbagai permasalahan teknis yang bisa terjadi seputar website yang sudah dia bangun.


Jadi… kuat “bermain” di depan komputer tidaklah cukup. Kamu harus kuat “bekerja” di depannya.

 

 


3.  Memiliki Keinginan Untuk Belajar

Ada banyak sekali ragam bahasa pemrograman, ratusan kode berbeda dari setiap bahasa pemrograman, dan mungkin ribuan aturan yang berbeda – beda pula antar bahasa pemrograman. Karena itulah, hampir mustahil bagi seorang programmer, tidak peduli seberapa berpengalamannya mereka untuk menguasai semua bahasa pemrograman yang ada di dunia.


Poin terpenting di sini adalah bukan menguasai semua bahasa pemrograman, tetapi memiliki keinginan kuat untuk mempelajari hal – hal baru (yang mungkin bisa melibatkan kode ataupun bahasa pemrograman baru). Karena tentunya, dengan keinginan belajar yang kuat, bahkan mungkin dengan hanya mengetahui beberapa bahasa pemrograman pun, kamu sudah bisa membuat suatu aplikasi yang patut diacungi jempol.



 

4.  Memiliki Keingintahuan Yang Tinggi Terhadap Trend Teknologi

Terakhir, sangat disarankan untuk seorang programmer untuk sedikit “maniak” terhadap teknologi. Tentu kamu tidak perlu membeli semua handphone ataupun gadget keluaran terbaru setiap saat, ataupun melengkapi seisi rumahmu dengan peralatan canggih seperti di film – film James Bond (walaupun sebenarnya itu keren sih hehe). Yang terpenting adalah kamu mengetahui trend teknologi terbaru dan bagaimana kamu bisa mengadaptasikannya untuk pekerjaan kamu, agar aplikasi yang kamu buat bisa lebih optimal ke depannya.



Jadi… apakah kamu sudah siap menjadi seoarang Programmer?


Ingat selalu bahwa tidak peduli apapun profesinya, selalu lakukan dengan sepenuh hati dan dengan kebanggaan besar! :)