4 Alasan Mengapa Bisnis Startup Menjadi Tempat Bekerja Terbaik

4 Alasan Mengapa Bisnis Startup Menjadi Tempat Bekerja Terbaik

Mungkin banyak nih dari kamu atau teman kamu yang sebentar lagi akan lulus dan sedang mencari tempat bekerja yang paling “ideal”, yang tentunya kebanyakan pastinya berharap bekerja di perusahaan skala besar ataupun multinastional.


Tidak ada yang salah kok. Karena semua orang memiliki pandangan dan mimpinya masing – masing. Tapi… ada baiknya juga kita melihat realita yang ada nih…


Karena semakin besar suatu perusahaan, biasanya akan semakin sulit (apalagi untuk kamu yang baru saja lulus dengan pengalaman yang masih nol) untuk mendapatkan posisi yang “ideal”. Perusahaan besar berarti di dalamnya akan terdapat sistem perusahaan yang besar pula (termasuk birokrasi dan politik perusahaan di sana sini), yang berarti, orang – orang yang berada di posisi tinggi, tentunya yah… rasanya tidak mungkin dalam waktu dekat bisa menyerahkan posisinya kepadamu.


Lalu… gimana dong solusinya??


Nah… ternyata… kalau kita mau menelaah secara lebih rinci, bisa saja loh malah bisnis Startup akan menjadi tempat bekerja paling baik untuk kamu! Tentunya karena 4 alasan ini.



1. Kesempatan Belajar Yang  Lebih Luas

Bisnis startup mungkin memang skalanya masih sangat kecil (secara harafiah). Tetapi justru di sini lah kamu memiliki kesempatan belajar yang sangat luas. Tentunya karena skalanya yang masih kecil, seringkali kamu bisa mendapatkan posisi yang cukup “krusial”, dimana kamu bisa memiliki kesempatan belajar yang lebih banyak dan tentunya memberikan kontribusi yang lebih berarti untuk perusahaan. Dibandingkan perusahan besar dimana mungkin kamu hanya “bagian kecil” dari perusahaan.


Dan tentunya, bisnis Startup merupakan tempat dimana kamu bisa berinovasi dengan ide – ide kreatif kamu. Jadi kesalahan – kesalahan kecil malah bisa menjadi kontribusi tersendiri untuk perusahaan.


Jauh berbeda dibandingkan perusahaan besar dimana kamu harus siap – siap di”tendang” kalau melakukan kesalahan terus menerus (waduhh…)




2. Tempat Mendapatkan Segudang  Ilmu dan Pengalaman

Dalam bisnis Startup, dimana tim kerjanya cenderung kecil, ada kemungkinan besar pula kamu secara tidak langsung di”paksa” untuk mempelajari berbagai ilmu dan kemampuan di luar pekerjaan utama kamu. Memang sih, itu artinya pekerjaan lebih untuk kamu. Tapi, tentunya ini juga menjadi kesempatan kamu untuk mendapatkan segudang ilmu dan pengalaman.


Ilmu dan pengalaman inilah yang nantinya akan menjadi aset pribadi kamu yang super berharga yang bisa saja menjadi salah satu jalanmu menuju perusahaan besar nantinya. Yah… dibandingkan di perusahaan besar dimana kamu cenderung akan menjalankan fungsi pekerjaan yang “itu – itu” saja setiap harinya. 




3. Kesempatan Menemukan “Passion”  Kamu

Bisa dikatakan inilah salah satu manfaat “unik” dengan kamu bekerja di dalam bisnis Startup. Karena seiring jalan, dengan berbagai fungsi pekerjaan dan ilmu baru yang akan kamu dapatkan, tentunya akan memberikan kamu pengarahan dimanakah passion kamu sebenarnya berada.


Karena ingat, belum tentu apa yang kamu pelajari di sekolah ataupun kuliah itu adalah passion kamu. Terkadang kita harus mencoba banyak hal berbeda yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya, sampai pada akhirnya kita sendiri kaget bahwa ternyata disitulah passion kita berada!


Bisnis Startup menjadi tempat yang paling baik untuk menemukan passion kamu. Tentunya tidak hanya karena kamu memiliki kesempatan mencoba berbagai hal baru dan berbeda dalam pekerjaan kamu, kamu juga tetap bisa memberikan kontribusi yang berharga untuk perusahaan tempat kamu bekerja.




4. Lingkungan Kerja Yang Lebih  Cenderung Lebih Santai

Nah, mungkin ini salah satu alasan “pendorong” yang paling kuat nih. Pasalnya, tentu generasi kamu sekarang kebanyakan lebih suka dengan hal – hal yang lebih santai, tidak kaku, ataupun politik perusahaan yang kadang bikin mumet kepala. Karena bisa dipastikan sebagian besar pemilik Bisnis Startup juga adalah para kamu milenial yang tentunya memiliki pola pikir yang sama seperti kamu.


Itulah mengapa pastinya kamu bisa jauh lebih enjoy bekerja di bisnis Startup. Tidak jarang loh banyak karyawan bisnis Startup yang justru lebih betah di kantor nya dibandingkan di rumah atau kos nya hehe.



Nah.. itu dia beberapa alasan yang bisa kamu pertimbangkan nih ketika kamu akan melamar pekerjaan ketika sudah lulus nanti.

Siapa yang tahu, mungkin suatu hari nanti, kamulah yang akan menjadi pendiri bisnis Startup kamu sendiri! :)