3 Tips Memulai Bisnis Startup Tanpa Pegawai

3 Tips Memulai Bisnis Startup Tanpa Pegawai

Memulai bisnis Startup itu ngeri – ngeri sedap (asik). Karena di satu sisi kamu mungkin bersemangat untuk segera memulainya, tapi di satu sisi ada tumpukan pekerjaan yang harus kamu persiapkan. Dan… seringkali yang membuatmu sedikit galau apakah ini sudah waktunya untuk kamu memperkerjakan pegawai?


Tapi…. Ternyata mencari pegawai pun bukan perkara yang mudah. Apalagi di awal – awal berbisnis, pastinya faktor keuangan terkadang bisa menjadi penghambat bagi kamu untuk mencari pegawai. Dan pastinya, mempertimbangkan keadaan keuangan kamu sebelum memutuskan untuk memperkerjakan pegawai adalah hal yang sangat lumrah.


Jadi… kira – kira apa langkah terbaiknya?


Nah, kali ini kita akan mencoba membagikan beberapa tips agar kamu tetap bisa memulai bisnis Startup kamu sekalipun kamu belum memiliki pegawai!



1.  Gunakan  Teknologi

Kalau kamu ingin mengganti alternatif marketing kamu dengan sesuatu yang lebih murah, pastinya teknologi adalah jawabannya!


Saatnya kamu mengubah akun media sosial kamu menjadi alat marketing kamu. Tentunya hal tersebut murah (bahkan GRATIS). Mungkin seiring berjalannya waktu, kamu memerlukan 1 atau 2 pegawai untuk mengatur kegiatan promosi kamu di media sosial, tetapi paling tidak di sini kamu sudah memulai langkah paling awal!



 

2.  Gunakan Tenaga Para Pekerja Lepas (Freelancer)

Kamu membutuhkan orang – orang dengan kemampuan teknis yang tinggi, tetapi dengan bayaran yang… lebih fleksibel? Para pekerja lepas atau freelancer ini pastinya bisa menjadi jawaban terbaik!


Ada banyak sekali situs di luar sana yang memungkinkan kamu mencari freelancer untuk berbagai bidang, hanya dengan beberapa klik saja dari komputer atau laptop kamu. Dan lagi, kamu bisa mencari kandidat freelancer terbaik dari segi teknis ataupun biaya ataupun keduanya.

Tapi tentunya, pastikan freelancer yang kamu pilih memiliki portfolio yang bagus atau paling tidak sesuai dengan ekspektasi minimal kamu.




3.  Meminta  Bantuan Kerabat

Kalau kamu punya beberapa kerabat yang sekiranya cocok bekerja sama dengan kamu (kakak, adik, saudara, dan lainnya), mengapa tidak? Siapa yang tahu pada akhirnya kalian akan menjadi rekanan bisnis yang cocok.


Yang penting, selalu ingat untuk menetapkan batasan yang jelas antara urusan pekerjaan dengan urusan pribadi yah. Jangan pernah dicampur adukkan! Ingat bahwa daya pendorong terbesar selalu datang dari dalam diri kamu dan orang – orang terdekat kamu.



Itu dia 3 tips sederhana yang bisa kamu coba terapkan untuk langsung memulai bisnis Startup kamu, bahkan tanpa pegawai sekalipun.


Pastinya, jangan pernah membiarkan rasa takut memiliki (atau tidak memiliki) pegawai menghalangi semangatmu untuk segera memulai bisnismu sendiri. Sebaliknya, anggap itu sebagai suatu tantangan, dimana kamu bisa belajar banyak dari situ, dan pada akhirnya justru bisa kamu manfaatkan untuk kelangsungan bisnis kamu! :)