3 Pekerjaan Kantoran Yang Mengasah Kemampuan Wirausaha

3 Pekerjaan Kantoran Yang Mengasah Kemampuan Wirausaha

Banyak orang percaya bahwa untuk menjadi seorang pengusaha haruslah merasakan pengalaman menjadi pekerja kantoran terlebih dahulu.


Dan… kabar baiknya adalah, pernyataan itu 100% benar!

Tapi… kabar yang kurang baiknya adalah… tidak semua pekerjaan akan mengasah kemampuan kamu dalam berwirausaha.


Jadi… kalau memang kamu berniat menjadi seorang pengusaha dan ingin mengasah kemampuan kamu terlebih dahulu dengan menjadi pekerja kantoran, ada baiknya kamu memastikan juga pekerjaan kamu memang sudah tepat.


Dan inilah dia 3 pekerjaan kantoran yang akan mengasah kemampuan wirausaha kamu!




1. Marketing

Mungkin banyak orang beranggapan profesi marketing itu sudah sangat umum sehingga tidak terlalu berpengaruh apapun dalam mempersiapkan mereka menjadi seorang pengusaha.


Eits… faktanya justru kemampuan marketing akan menjadi modal kemampuan paling dasar yang kamu butuhkan ketika memutuskan menjadi seorang pengusaha.


Karena tidak peduli seberapa kerennya produk kamu, kalau kamu tidak bisa memasarkan produk kamu dengan baik dan menjualnya kepada para pelanggan kamu, bisnis kamu tidak akan berkembang sama sekali.


Dan tentunya pekerjaan marketing ini akan sangat mengasah kemampuan marketing kamu.

Jangan lupa juga bahwa dengan melakukan pekerjaan marketing ini, kamu memiliki banyak kesempatan untuk memperluas koneksi kamu yang pastinya akan sangat berguna ketika kamu menjadi pengusaha nanti.


Jadi… kalau kamu sekarang tergabung menjadi salah satu marketing di kantor kamu dan orang – orang masih menggangap “remeh” pekerjaan kamu, sudah saatnya kamu melihat mengangkat kepalamu tinggi – tinggi dan bangga terhadap pekerjaan kamu!




2. Customer Service

Pekerjaan lainnya yang sering dianggap “remeh” oleh kebanyakan orang lainnya ini juga akan menjadi modal yang sangat berharga ketika kamu menjadi pengusaha. Bagaimana kamu bisa menangani berbagai permintaan, saran, ataupun keluhan dari para pelanggan kamu akan memainkan peranan penting seberapa besar bisnis kamu bisa dipercaya oleh mereka.


Dan untuk mereka yang masih bilang pekerjaan Customer Service itu mudah? Coba saja tantang mereka untuk menangani ratusan panggilan telepon, pesan Whatsapp, ataupun email yang masuk setiap harinya dengan berbagai keluhan dan sifat pelanggan yang berbeda – beda. Yakin bisa? Hehe


Dengan menjadi Customer Service, kamu tidak hanya mendapatkan kemampuan bagaimana menangani permintaan pelanggan dengan efektif, tetapi juga kamu akan belajar bagaimana mengendalikan diri kamu menjadi seorang pribadi yang tenang dan tetap profesional. Kemampuan yang mutlak dibutuhkan oleh setiap pengusaha, tidak peduli dalam bidang usaha apapun!




3. Manager 

Yang terakhir, pekerjaan manager juga akan memberikan kamu kesempatan untuk belajar banyak mengenai kemampuan managerial kamu. Bagaimana kamu bisa mengatur tim kerja kamu secara optimal, menentukan patokan performa pekerjaan yang harus dicapai, bagaimana memberikan saran yang konstruktif, dan masih banyak lagi. Semua kemampuan ini akan sangat dibutuhkan ketika kamu menjadi seorang pengusaha, terlebih lagi ketika kamu sudah memiliki karyawan nantinya.


Dan tentunya, kemampuan managerial juga akan melatih diri kamu dalam menyeimbangkan kembali kehidupan profesional dan pribadi kamu. Sehingga tentunya kamu bisa tetap meraih kesuksesan secara profesional dan kepuasan sebagai seorang individu.



Nah… itu dia 3 pekerjaan kantoran yang benar – benar layak kamu pertimbangkan apabila kamu memang berniat menjadi pengusaha suatu hari nanti.


Ingat bahwa menjadi seorang pengusaha itu bukanlah sesuatu hal yang mudah, tetapi tidak mustahil sama sekali.

Selama kamu menyadari kelebihan dan kekurangan yang harus terus kamu evaluasi dan perbaiki, kamu pasti bisa melakukannya! J