3 Pahlawan Dalam Bisnis Startup

3 Pahlawan Dalam Bisnis Startup

Dalam memulai suatu bisnis Startup, tentunya kamu akan menemui banyak tantangan. Nah, salah satu tantangan utamanya adalah mencari tim yang tepat.


Mengapa memilih tim yang tepat sangat menentukan? Tentunya ini sudah pasti berhubungan karena bisnis Startup yang kamu mulai masih sangatlah baru, sehingga akan banyak sekali hal yang harus diselesaikan, mulai dari pekerjaan teknis, non teknis, hingga pekerjaan yang berhubungan langsung dengan pihak pelanggan.


Nah, tentunya jika kamu memiliki tim yang tepat, pembagian tugas ini akan terasa jauh lebih ringan, dan akan lebih baik lagi, semua terselesaikan dengan efektif, sehingga bisnis Startup kamu bisa berkembang dengan cepat.

Lalu pertanyaannya… kira – kira bagaimana mencari tim yang tepat?


Hmm… pertanyaan yang susah – susah gampang dijawab, karena pastinya hal ini kembali lagi kepada seberapa kenalkah kamu dengan orang – orang yang akan kamu ajak bekerjasama.


Tetapi… pada umumnya bisa kita katakan untuk menjamin kesuksesan bisnis Startup, ada baiknya kita pastikan kita bisa mencari 3 PAHLAWAN ini.



SI DIREKTUR

Si Direktur, atau dalam bahasa kerennya yang sering kita sebut sebagai CEO akan bertindak sebagai “seksi sibuk” secara umum. Di banyak kasus, biasanya CEO suatu bisnis, terutama bisnis Startup adalah juga merupakan salah satu pendiri bisnis itu sendiri.

 

Si Direktur ini akan bertanggung jawab terhadap keberlangsungan perusahaan yang tentunya juga akan berhubungan langsung dengan visi misi perusahaan dan kepuasan pelanggan. Istilah sederhananya, bisa kita katakan Direktur akan menjadi representasi perusahaan tersebut di mata para pelanggannya.


Jadi… ketika kamu memutuskan untuk memulai bisnis Startup dan mengambil posisi ini, pastikan kamu siap menghadapi semua tantangan yang ada dengan mantap, dengan penuh dedikasi!




SI DESAINER

Sedikit nyentrik, agak – agak narsis, dengan jiwa seni yang…. Kadang – kadang saking abstraknya sampai tidak orang lain mengerti? Ini tandanya bahwa orang tersebut boleh kamu rekrut sebagai Si Desainer!


Desainer akan memainkan peranan penting dalam perusahaan Startup sebagai penentu “Identitas Visual” perusahaan. Mulai dari logo perusahaan hingga seluruh media promosi visual perusahaan (kartu nama, profil perusahaan, tampilan website, media sosial, dan lainnya). Tentunya dengan desain identitas visual perusahaan yang mantap akan membuat citra perusahaan Startup kamu akan meningkat di mata para klien. Jadi.. pastikan kamu menemukan desainer yang tepat!




SI HACKER

Agak canggung dalam interaksi sosial dengan tingkat intelektual tinggi dan betah duduk berjam – jam di depan komputer? Ini dia Si Hacker!


Eits… Hacker di sini bukan berarti orang yang akan membobol rekening bank untuk memasukkan dananya ke rekening perusahaan kamu yah (segala resiko akibat perbuatan tersebut tidak akan kami tanggung hehe). Hacker di sini lebih mengacu pada orang yang “melek” teknologi dan siap mengaplikasikan berbagai teknologi tersebut untuk mendukung bisnis Startup kamu. Mulai dari pembuatan website yang canggih, aplikasi mobile, hingga mungkin produk – produk teknologi yang kamu siap tawarkan kepada para pelanggan. Dan pastinya, dengan bantuan si Hacker, bisnis kamu akan jauh lebih eksis di dunia internet dan dikenal oleh masyarakat luas.



Nah… itu dia 3 pahlawan utama yang harus kamu cari untuk menjamin kesuksesan bisnis Startup kamu. Terlepas dari apakah kamu berhasil menemukan mereka atau tidak, pastinya kesuksesan bisnis akan sangat tergantung pada kinerja tim yang ada di dalamnya.

Selalu pastikan bahwa lingkungan kerja perusahaan kamu kondusif dan berikan yang terbaik untuk para konsumen!