3 Cara Gratis Meningkatkan Pengunjung Website

3 Cara Gratis Meningkatkan Pengunjung Website

Sudah punya website dari rekanan jasa pembuatan website terpercaya kamu? Berarti kamu sudah siap nih untuk langsung memasarkan website kamu?


Lah ngapain dipasarin? Bukannya nanti mereka datang sendiri??” Nah… ini dia anggapan yang sering kali disalah artikan oleh para pemilik website.


Banyak sekali para pemilik website yang beranggapan, ketika mereka sudah memiliki website yang cetar membahana, tinggal menunggu pengunjung mengantri masuk ke websitenya dan tinggal memilih pengunjung mana yang mau dilayani (aseeek).


Tapi… sayangnya… itu semua tidak benar (hikss). Lantas, berarti website yang sudah kamu buat sia – sia dong???

Eits… bukan begitu. Karena sebenarnya balik lagi bahwa fungsi website adalah sebagai media promosi dan identitas bisnis kamu di dunia internet. Anggap saja websitemu seperti sebuah restoran. Dan bayangkan jika restoran kamu baru buka, sedangkan di kiri kananmu ada jutaan restoran lainnya yang serupa dan sudah jauh lebih lama dikenal dibandingkan restoranmu…?


Tentunya… kamu harus gencar melakukan promosi bukan?? Dengan tujuan agar para pengunjung internet “ngeh” kalau ternyata dari sekian banyak pilihan bisnis yang ada, kamu adalah salah satu calon yang pantas untuk dilirik.


 Jadi… langkah paling pertama setelah kamu punya website adalah tentu saja meningkatkan pengunjung website kamu. Ini dia beberapa tips praktisnya! (dan pastinya “gratis” tanpa syarat!)



1. Bagikan Link Websitemu di Media Sosial Pribadimu

Kamu punya Facebook? Atau Twitter? Atau Instagram? Atau semuanya??


Langsung saja meluncur ke sana, lalu bagikan link websitemu yang kece di sana. Ini adalah langkah paling pertama yang bisa kamu coba dan yang pastinya cukup efektif.


Karena sudah pasti yang akan melihat mengenai websitemu adalah teman – teman atau kenalan kamu yang memang sudah mengenal kamu dengan baik, sehingga pastinya mereka akan langsung meluncur ke websitemu. Dan dari situ, tidak jarang loh pada akhirnya banyak dari temanmu yang akan menjadi pelanggan pertamamu.


Ingat… bahwa pemasaran bisnis apapun, termasuk website, dimulai dari orang – orang terdekatmu. Jadi… daripada Media Sosial mu penuh dengan nyinyiran (yang mudah – mudahan bukan dari kamu sendiri yah hehe), lebih baik kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis dan websitemu. Dan terkadang pula, ada beberapa jasa pembuatan website di Indonesia yang juga menawarkan fitur digital marketing seperti ini untuk meningkatkan eksistensi websitemu. Jadi pastikan kamu mendiskusikan hal ini dengan rekanan jasa pembuatan website pilihanmu yah.

 

 


2. Bagikan Juga Link Websitemu di Forum Terbuka

Numpang share yah gan…” . Pastinya sudah tahu dong forum apa yang dimaksud?


Yup! Sekarang ini sudah banyak forum terbuka yang bisa juga kamu gunakan untuk membagikan link websitemu. Ini adalah langkah kedua, karena tentunya, lebih banyak orang – orang yang “masih asing” dengan kamu yang akan melihat link websitemu, dan mungkin tidak semuanya akan “tergelitik” untuk mengunjungi website kamu.


Tapi terlepas daripada berapa orang pun yang berhasil kamu gaet dari forum terbuka, bisa dipastikan kemungkinan beberapa dari mereka yang pada akhirnya menjadi pelanggan kamu cukup besar loh. Pasalnya, jika bahkan orang yang tidak kenal denganmu saja sampai mau mendatangi websitemu, berarti memang websitemu memiliki suatu daya tarik tersendiri, dan tentunya menyediakan barang ataupun jasa yang memang mereka cari.

Jadi.. .tetap giat berbagai link websitemu sembari menyapa agan – agan lainnya yah!

 

 


3. Optimasikan Websitemu di Mesin Pencari (SEO)

Langkah terakhir yang mungkin membutuhkan lebih banyak kemampuan teknis adalah memaksimalkan websitemu di mesin pencari. Istilah ini kita kenal sebagai Search Engine Optimization (SEO), yang pada intinya adalah bagaimana caranya agar website kamu menjadi terkenal dan dinilai oleh si Mbak Google cocok untuk menduduki peringkat teratas.


Bagaimana caranya? Nah… tentunya ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari bagaimana kecepatan pengaksesan website kamu, jumlah pengunjung website kamu setiap hari nya, hingga relevansi atau kesesuaian antara isi website kamu dengan hal yang dicari oleh para pencari.


Masih ada banyak sekali faktor lainnya (yang konon katanya bisa sampai “ratusan” faktor), dan untuk hal SEO, biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi, ada baiknya kamu jadikan SEO ini sebagai langkah paling terakhir yang kamu persiapkan. Dan pastinya,  jangan lupa diskusikan kembali dengan rekanan jasa pembuatan website kamu untuk mendapatkan informasi dan solusi lebih lanjut.




Nah… itu dia 3 cara gratis untuk meningkatkan pengunjung website kamu. Ingat sekali lagi, bahwa tidak peduli sebagus atau sekece apapun website kamu, akan tetap mubazir jika tidak ada orang yang mengetahui kehadirannya.


 Jadi.. ayo mulai ber marketing!